Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kinerja XL Axiata Melejit di Kuartal 1 (2024), Laba Bersih Naik Hingga 168%
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - PT XL Axiata berhasil mengawali tahun 2024 dengan kinerja solid. Pada kuartal pertama (Q1) 2024, perseroan meraih total pendapatan sebesar Rp8,44 triliun atau meningkat 12% di banding periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Selain itu, EBITDA atau laba sebelum bunga dan pajak, meningkat 24% dengan angka Rp4,45 triliun, EBITDA margin meningkat 5% YoY menjadi 52,8%, dan laba bersih setelah pajak (PAT) Rp547 miliar, juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 168% YoY. Sementara itu, kontribusi pendapatan layanan data dan digital pada total pendapatan mencapai 93%.

Baca Juga:
XL Axiata: Merger dengan Smartfren, Hilalnya Belum Nampak

"Pertumbuhan pendapatan data di kuartal 1 (2024) tidak terlepas dari keberhasilan XL Axiata mempertahankan harga layanan ditengah maraknya momentum Pemilihan Umum dan Ramadan. Dengan jumlah pelanggan yang meningkat dari Q4 2023, yaitu 57,6 juta, kami juga berhasil mendorong penggunaan layanan sehingga trafik meningkat sebesar 3,2% serta 18% dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga pada akhirnya turut mendorong kenaikan blended ARPU (average revenue per user) menjadi Rp44 ribu. Angka tersebut merupakan ARPU tertinggi yang pernah dicapai XL Axiata hingga saat ini," kata Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

Dian menambahkan, pencapaian kinerja Q1 2024 tak lepas dari keberhasilan perseroan dalam mengoptimalkan penggunaan biaya operasional (OPEX) termasuk menekan beban biaya-biaya operasional menjadi lebih rendah. Total biaya operasional berkurang hingga 8% dibandingkan Q4 2023. Penurunan biaya operasional yang signifikan ada pada beban penjualan dan pemasaran (sales and marketing) dan biaya infrastruktur.

Penurunan beban penjualan dan pemasaran juga didorong oleh peningkatan penggunaan sarana digital aplikasi MyXL dan AXISnet. Meningkatnya penggunaan MyXL dan AXISnet menunjukkan kedua aplikasi tersebut mampu meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap kebutuhan, preferensi serta perilaku pelanggan.

Hal ini membuat XL Axiata mampu memberikan penawaran yang tepat kepada pelanggan yang tepat, pada waktu yang tepat pula secara lebih efektif. Hingga akhir Maret 2024, kedua aplikasi tersebut memiliki total pengguna aktif per bulannya hingga sebanyak 30,3 juta. Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulan myXL dan AXISnet ini mencapai 99% dalam periode dua tahun terakhir.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Kontroversi Elon Musk, Tantang Presiden Rusia hingga Pecat CEO Twitter

Rumor Apple MacBook dengan Fitur Layar Lipat Rilis di 2026