Technologue.id, Jakarta – Kingston Technology, produsen memori dan solusi teknologi, mengumumkan bahwa mereka mendistribusikan lebih dari 13,3 juta SSD di paruh awal tahun 2019, menurut data yang dikumpulkan oleh perusahaan riset pasar TrendFocus.

Jumlah tersebut menempatkan Kingston sebagai pemasok SSD terbesar ketiga di dunia, setelah produsen semikonduktor Samsung dan Western Digital. Kingston mencatat 11,3 persen dari total jumlah SSD yang dikirim secara global selama paruh pertama tahun ini di antara semua produsen.

TrendFocus melaporkan, SSD client merupakan bagian terbesar dari unit yang dikirimkan, sementara NVMe PCIe juga mengalami peningkatan karena permintaan di lingkungan hyperscale.

“Alur cerita untuk paruh pertama 2019 adalah peningkatan distribusi NAND dan harga mencapai titik terendah, sehingga mendorong permintaan SSD,” ujar Don Jeanette, Wakil Presiden, TrendFocus.

Menurut TrendFocus, posisi Kingston untuk produk form factor 2,5 inchi client-drive space adalah tidak tertandingi, karena memimpin semua produsen dengan pangsa pasar 27,3 persen yang substansial.

Pada tanggal 21 Oktober, Kingston akan meluncurkan client SSD generasi terdepan KC600 SATA 2,5 inchi. Drive ini bergabung dengan UV500 SATA yang saat ini mulai dipasarkan, serta SSD KC2000 dan A2000 PCIe NVMe untuk membentuk rangkaian solusi penyimpanan berkinerja tinggi yang sepenuhnya sesuai dengan TCG Opal 2.0.

SSD hardware-encrypted 256-bit AES dapat menjadi bagian dari strategi keamanan untuk kalangan konsumen dan pelanggan korporat di dunia, dimana sering terjadi serangan cyber dan pelanggaran data.

Selain sektor client, Kingston dengan cepat menjadi kekuatan di pasar SSD enterprise. Akhir tahun ini, Kingston akan menambah portofolionya dengan SSD DC1000M U.2 NVMe untuk data center dan workstation yang membutuhkan throughput dan IOPS yang lebih tinggi. Drive ini akan bergabung dengan keluarga data center dari SSD enterprise yang berfokus pada lingkungan server read-intensive dan mixed-workload untuk kalangan organisasi yang memerlukan Quality of Service (QoS) yang dapat diprediksi dan konsistensi kinerja.

“Temuan dari TrendFocus mengkonfirmasi skala keseluruhan dan pentingnya Kingston bagi industri sebagai pemasok SSD independen. Untuk mencapai prestasi tersebut, keseluruhan kerjasama tim sangat penting dan kami sangat ber terimakasih dan ingin berbagi kesuksesan kami dengan para mitra, vendor dan pelanggan,” ujar Kingston.