Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kirim ucapan Lebaran pakai layanan chatting makin ngetren
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Lebaran identik dengan berkirim ucapan selamat hari raya kepada kerabat. Tahun ini, kiriman ucapan selamat hari raya menggunakan layanan sosial media dan pesan instan (IM) disebutkan semakin banyak dilakukan masyarakat Indonesia. XL Axiata (XL) melaporkan, dari total trafik layanan data, menunjukkan bahwa pemakaian terbesar adalah untuk melakukan streaming yaitu sebesar 40 persen dari total layanan, lalu berikutnya web browsing 22 persen, serta akses ke social media 21 persen. Laporan yang sama menunjukkan trafik penggunaan social media sebesar lebih dari 300 TB, angka ini meningkat 32 persen dibandingkan hari normal tahun ini. Sementara itu, penggunaan IM mencapai 38 TB, naik 33 persen dibanding hari normal. Secara keseluruhan, trafik data meningkat sekitar 130 persen dibanding hari lebaran tahun sebelumnya. Yessie D. Yosetya selaku Direktur/Chief Service Management Officer XL mengaku pihaknya sudah menduga bahwa pelanggannya bakalan lebih banyak menggunakan layanan data menyambut momen lebaran. Dirinya tidak heran ketika melihat angka upload dan download material foto dan video meningkat di jaringan XL. "Seperti yang sudah kami prediksi sebelumnya, social media dan instant messaging akan semakin banyak dipakai untuk bersilaturahmi saat Lebaran. Masyarakat termasuk pelanggan XL akan semakin membutuhkan layanan data untuk bisa mengekpresikan dirinya dalam merayakan Lebaran," kata Yessie. XL juga menyatakan meningkatnya penggunaan layanan data tersebut juga dipengaruhi oleh meningkatnya kecenderungan pelanggan untuk memanfaatkan layanan telepon/percakapan berbasis data yakni layanan VoIP (Voice over Internet Protocol). Penggunaan layanan VoIP mencapai 17,5 TB, meningkat sebesar 121 persen dibandingkan hari biasa tahun ini. Termasuk dalam layanan VoIP ini diantaranya Google Talk, Kakao talk, WhatsApp call, BlackBerry call, Skype dan sebagainya. Trafik layanan social media Facebook, Instagram, Path, Twitter, serta Line meningkat cukup signifikan. Trafik Facebook 127,4 TB, angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 19 persen dibandingkan hari biasa. Sedangkan Instagram 123,4 TB meningkat 32 persen, Path meningkat 53 persen, Twitter meningkat 40 persen, serta Line meningkat 32 persen. Sementara itu IM WhatsApp naik 24 persen dibanding hari biasa, sedangkan BBM relatif stabil. Yessie menambahkan, dalam 4 tahun terakhir memang terjadi pergeseran konsumsi layanan telekomunikasi oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat semakin suka memanfaatkan layanan data dibandingkan dengan layanan percakapan (voice) atau layanan SMS.   Baca juga :  TELKOMSEL BERBAGI DAN LAYANI 9.000 ANAK YATIM XL KASIH KADO LEBARAN KE PEMUDIK JALUR SEMARANG COBA TEKNOLOGI BARU, INTERNETAN SMARTFREN CAPAI 240 MBPS

SHARE:

Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Startup Energi Terbarukan Xurya Lolos Sertifikasi B Corp