Technologue.id, Jakarta – Bug pada fitur Group Face Time di iOS 12 menjadi celah keamanan yang rawan untuk dieksploitasi dan menjadi masalah tersediri bagi Apple. Meski menjadi masalah bagi Apple, bug ini justru menjadi berkah bagi seorang remaja berumur 14 tahun bernama Grant Thompson.

Dilansir dari Phonearena.com (6/2/2019), Grant pertama kali menemukan bug tersebut saat ia tengah bermain Fortnite. Dengan segera ia melaporkan pada ibunya, Michele, yang langsung mencoba menghubungi Apple terkait ditemukannya bug tersebut.

Baca Juga:
Kontak di iOS 12.1 Ternyata Mudah Dibobol!

Permasalahannya adalah, Michele tidak mengerti prosedur yang tepat untuk melaporkan bug yang ditemukan ke Apple. Sampai akhirnya Apple Support menyarankannya untuk mendaftar sebagai developer guna melaporkan bug yang ditemukan.

Kisah Grant dan Michele yang menemukan bug di Face Time pun menjadi viral. Hingga akhirnya seorang eksekutif Apple mengunjungi rumah keluarga Thompson dan menyampaikan terima kasih atas laporan yang mereka sampaikan.

Baca Juga:
Windows 10 Banyak Bug, Microsoft Ambil Langkah Baru

Grant mendapat ganjaran dari bug bounty program milik Apple. Hadiah yang dijanjikan berupa uang dengan besaran mulai dari USD 25 ribu hingga USD 200 ribu, tergantung tingkat keparahan masalah yang ditemukan.

Belum diketahui besaran hadiah yang diterima oleh Grant. Sebab bug Face Time yang ia temukan tak ada yang cocok dengan kategori apa pun yang ada di program Bug Bounty.