Technologue.idHeadlineKoinWorks Kantongi Pendanaan Rp1,6 Triliun Guna Berdayakan UKM

KoinWorks Kantongi Pendanaan Rp1,6 Triliun Guna Berdayakan UKM

Technologue.id, Jakarta – Perusahaan startup fintech KoinWorks mengumumkan pendanaan seri C sejumlah US$108 juta atau setara dengan 1,6 Triliun Rupiah.

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh MDI Ventures, perusahaan ventura Telkom Indonesia dengan partisipasi dari investor sebelumnya seperti Quona Capital, Triodos Investment Management, Saison Capital, ACV dan East Ventures.

Baca Juga:
UKM Moncer, KoinWorks Gencar Salurkan Pinjaman Produktif

Pendanaan yang terbagi dalam ekuitas senilai US$43 juta dan debt capital senilai US$65 juta, akan digunakan untuk mengembangkan solusi keuangan yang ditawarkan dan menambah karyawan KoinWorks seiring rencana perusahaan untuk mempekerjakan 400 karyawan baru secara global untuk memenuhi kebutuhannya saat ini.

Kucuran pendanaan seri C yang diterima KoinWorks ini menjadi bagian dari penutup akhir tahun yang baik.

Selama pandemi Covid-19, peminat dan pengunduh aplikasi KoinWorks melonjak dengan semakin banyaknya pengguna yang mencari solusi finansial berbasis digital untuk tetap menjalankan bisnis dan pendanaannya.

Sebagai hasilnya, KoinWorks berhasil melipatgandakan pengguna dalam 1 tahun menjadi 1,5 juta pengguna di seluruh Indonesia disaat pandemi Covid-19.

KoinWorks menyediakan sarana bagi pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) serta freelancer untuk memulai perjalanan kewirausahaan dan mengembangkan bisnisnya dengan menawarkan berbagai produk yang tergabung dari sebuah Neobank untuk UKM, seperti NEO Account dan NEO Card, hingga akses untuk melakukan pinjaman dan meningkatkan produktivitas dalam berbisnis.

Baca Juga:
Dorong Inklusi Keuangan, KoinWorks Catat Pertumbuhan Positif dari Ragam Produk Finansial

Willy Arifin, Chairman dan Co-founder KoinWorks, menjelaskan bahwa KoinWorks akan terus memberdayakan UKM yang memiliki appetite dengan produk keuangan digital dengan sejumlah besar ekosistem produk yang mendukung pertumbuhan bisnis dan literasi keuangan untuk scale up bisnis mereka.

“Pemberdayaan UKM telah menjadi visi kami sejak pertama didirikan dan KoinWorks hadir untuk mendemokratisasi akses keuangan, serta menyingkirkan mitos bahwa akses keuangan hanya untuk kelas pengusaha tertentu,” tuturnya.

Selain itu, jika para UKM dapat memanfaatkan sepenuhnya semua solusi keuangan KoinWorks, potensi pertumbuhan UKM bisa jadi tidak terbatas.

Di platform KoinWorks, pengguna akan menemukan marketplace aplikasi terintegrasi seperti Software Akuntansi, POS, e-Commerce, HRMS untuk UKM, aplikasi Budgeting bersama produk-produk utama KoinWorks, seperti penyediaan modal kerja, anjak piutang, EWA (Early Wage Access), dan pengelolaan dana.

- Advertisement -