Kok Sekarang Banyak Mobil Pribadi yang Kaca Belakangnya Ditempeli Iklan?

Kok Sekarang Banyak Mobil Pribadi yang Kaca Belakangnya Ditempeli Iklan?
Beberapa mobil milik mitra Stickearn (source: Stickearn)

Technologue.id, Jakarta – Beberapa di antara Anda, terutama yang tinggal di kota-kota besar, belakangan pasti pernah melihat mobil pribadi yang pada kaca belakangnya terdapat stiker iklan. Terkadang, iklan Traveloka, Tokopedia, Shopee, atau bahkan Maspion hingga Clash of Clans. Sebenarnya, apa yang sedang terjadi?

Tak usah panik berlebihan. Ini hanyalah produk advertising baru yang sedang populer. Adalah Stickearn yang mencoba menawarkan sekaligus memopulerkan car branding ini.

Baca juga:

Hari Ini, Tukar Telkomsel Poin Bisa Dapat Smartphone Langsung!

Ya, startup yang sudah berdiri sejak Januari 2017 itu menawarkan solusi unik untuk beriklan di media luar ruang, tepatnya di mobil para mitranya. Menurut penjelasan Stickearn pada redaksi (01/09/17), car branding seperti ini jauh lebih murah dibandingkan beriklan di media semacam billboard dan videotron atau bahkan di media cetak dan elektronik, tetapi impresinya lebih tinggi.

Bisa efektif karena jumlah kendaraan roda empat di kota-kota besar, semacam Jakarta, amat banyak. Belum lagi, fakta membuktikan bahwa masyarakat ibu kota rata-rata menghabiskan 400 jam per tahun di jalanan untuk bepergian dan bekerja. Di samping itu, impresi dari iklan bergerak semacam ini dapat mencapai 80.000, tergantung dari seberapa jauh dan ke mana kendaraan mitra Stickearn berjalan.

Baca juga:

iPhone 8 Bakal Tiru Inovasi Samsung? Begini Isunya

Yang cukup menggiurkan, para pemasar juga dapat memantau secara real-time mobilitas dan jarak tempuh iklan tersebut melalui dashboard aplikasi khusus. Dashboard yang sangat detail ini juga dapat menghitung secara akurat seberapa besar impresi yang terbentuk dari pemasangan iklan, sehingga para marketer dapat menerima efek iklan dengan sangat akurat.

Kok Sekarang Banyak Mobil Pribadi yang Kaca Belakangnya Ditempeli Iklan?
Brosur yang ditempatkan di dalam mobil mitra Stickearn (source: Stickearn)

Menariknya, tak hanya pemasangan iklan di body luar mobil, Stickearn juga memberikan ruang lain pada para pengiklan melalui brosur-brosur yang dapat diletakkan di dalam mobil, sehingga para penumpang dapat mendapatkan informasi yang lebih mendetail dari pengiklan. Inovasi ini memungkinkan karena Stickearn telah bekerja sama secara eksklusif dengan Grab melalui top perfoming driver-nya sejak 6 bulan lalu.

Baca juga:

Unik! Di Restoran Ini, Anda Bisa Bayar Makan dengan “Senyuman”

Sejauh ini, perfroma Stickearn sangat baik. Belum setahun, mereka telah bekerja sama dengan 31 brand dan punya ribuan mitra driver dari 13 kota besar di Indonesia, di antaranya Padang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Batam. Ke depannya, mereka juga berniat memperluas bisnisnya ke kendaraan roda dua.