Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kolaborasi Ragam Sektor Perkuat Ekosistem Digital
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini jelas berhubungan erat dengan dengan perkembangan digital yang terus bertransformasi. Oleh sebab itu kita perlu membangun ekosistem ini lebih kuat lagi.

Menanggapi hal tersebut, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan ini menjadi tantangan bersama bagi para pelaku industry teknologi dan bidang lainnya untuk mengikuti ekosistem digital.

Baca Juga:
Telkomsel Perkenalkan Brand Ekosistem Digital Indico

"Indonesia membutuhkan transformasi untuk lebih mengembangkan ekosistem digital dan untuk mencapai hal tersebut maka butuh juga kolaborasi antara dunia telekomunikasi dengan bidang yang lain," ujar Vikram saat acara Selular Congress 2022, Selasa (29/3/2022).

Sementara itu, Vice President Network Architecture and Design Telkomsel, Marfani mengatakan Telkomsel terus mengembangkan infrastruktur demi makin mengembangkan ekosistem digital.

"Kami juga bergerak di bidang platform serta berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti start-up sehingga Telkomsel ingin makin mengembangkan ekosistem digital ke masyarakat," jelasnya.

Di dunia perbankan, Head of Digital Business PermataBank Indra Gunawan juga menyebut saat ini dunia perbankan berlomba-lomba untuk mengembangkan sayapnya di dunia digital.

"Kami sudah berkolaborasi dengan puluhan perusahaan industri digital hingga industri yang lain sehingga makin mempercepat pelayanan melalui sistem digital," papar Indra Gunawan.

Baca Juga:
SHAREit Fokuskan Bisnis B2B Lewat Pengembangan Ekosistem Digital Pada 2022

Di sisi lain, Vice Chairman and Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengatakan sudah menjangkau 99 persen kecamatan di seluruh Indonesia. Selain itu, Leontinus juga menyebut Tokopedia tidak hanya menjangkau belasan juta retail untuk mengembangkan usahanya, tetapi juga berkembang ke industri lainnya secara digital.

"Kita ingin mengembangkan ekosistem digital secara masif seperti membayar pajak kendaraan bermotor, BPJS bisa dilakukan di Tokopedia," ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Managing Director Good Doctor, Danu Wicaksana yang menyebut dunia kesehatan kini juga telah merambah ekosistem digital. "Jadi tidak hanya dunia perbankan atau perdagangan, tetapi kini dunia kesehatan bahkan pertanian," tandasnya.

SHARE:

SpaceX Luncurkan 24 Satelit Starlink dengan Roket Falcon 9

Desain Baru Samsung Galaxy Fit 3 Kemas Fitur Kesehatan dan Keselamatan