DirectKolaborasi Wacom dan ClassPoint Hadirkan Solusi Mengajar yang Efektif dan Interaktif

Kolaborasi Wacom dan ClassPoint Hadirkan Solusi Mengajar yang Efektif dan Interaktif

Technologue.id, Jakarta – Di era digital yang terus berkembang, membuat tantangan baru di banyak sektor untuk terus berinovasi. Salah satunya, adalah dunia pendidikan, khususnya bagi para pengajar yang harus mengasah keterampilannya dalam mengoperasikan berbagai perangkat digital dan software terbaru agar mampu memberikan materi pembelajaran yang menarik bagi para siswa. Terlebih di era pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara online sehingga pengajar harus mampu menyajikan materi pembelajaran tanpa tatap muka yang efektif dan interaktif.

Oleh karena itu, PT Datascrip sebagai authorised distributor Wacom di Indonesia berkolaborasi dengan ClassPoint menghadirkan solusi metode pembelajaran yang lebih interaktif, efektif dan mudah. Wacom yang selama ini dikenal sebagai perangkat untuk membuat karya gambar digital, bisa juga digunakan dalam proses belajar mengajar, baik secara pertemuan tatap muka atau saat belajar mengajar online.

“Saat mengajar secara online ada beberapa keterbatasan seperti tidak bisa menerangkan materi menggunakan papan tulis, sehingga berkurangnya interaksi lebih antara siswa dan pengajar. Namun, dengan perangkat tablet digital Wacom dan aplikasi ClassPoint memudahkan proses belajar mengajar, terutama mata pelajaran yang membutuhkan interaksi lebih seperti matematika, fisika, kimia hingga pelajaran seni menggambar. Layaknya menulis di buku ataupun papan tulis, Wacom memberikan keleluasaan bagi pengajar dalam menyampaikan materi dengan lebih mudah, efektif dan interaktif,” ujar Raditya Nyoardinata – Assistant Marketing Manager PT Datascrip.

ClassPoint adalah sebuah software yang dikembangkan dan didesain khusus untuk memudahkan pembelajaran, sehingga pengajar bisa mengoptimalkan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dengan membuat metode pembelajaran yang lebih menarik. ClassPoint merupakan aplikasi yang tersambung dengan Microsoft PowerPoint sehingga memudahkan para pengajar saat memberikan presentasi atau menjelaskan materi tertentu kepada para siswa.

Ada beberapa fitur yang tersedia dalam ClassPoint, mulai dari membuat kuis dengan berbagai tipe pertanyaan, seperti Pilihan Ganda, Lawan Kata, Jawaban Singkat, Menggambar Singkat, Unggah Gambar, hingga Soal Menggambar. Sehingga cocok digunakan di berbagai mata pelajaran, seperti Matematika, Kesenian, Geografi, Ilmu Pengetahuan Alam dan lainnya.

Saat proses belajar mengajar secara online, pengajar mengalami keterbatasan dan kesulitan ketika menyampaikan materi dengan menggunakan perangkat mouse, terutama saat menjelaskan dengan cara menggambar. Perangkat digital pen tablet atau pen display dari Wacom ini berfungsi layaknya papan tulis sehingga pengajar dapat dengan cepat dan leluasa untuk menulis, menggambar atau memberikan coretan khusus yang secara langsung akan tampil di layar monitor siswa di rumah.

Di saat proses belajar mengajar tatap muka di sekolah, perangkat Wacom ini juga tetap bisa digunakan. Pengajar dapat menyampaikan materi dengan lebih efektif, tanpa perlu membelakangi siswa saat menulis di papan tulis. Kadang pengajar harus jinjit atau membungkuk saat menuliskan dan menerangkan materi yang ada di papan tulis. Dengan pen display Wacom, pengajar bisa langsung menulis dari podium atau meja tempatnya menerangkan materi tanpa harus ke depan papan tulis, materi langsung tampil di layar proyektor, selain itu pengajar tidak menghalangi pandangan dan membelakangi siswa. Pengajar juga bisa tetap menjaga kontak mata dengan para siswa sembari menerangkan materi yang ada pada pen display Wacom.

“Dengan menggunakan ClassPoint dan Pen Tablet Wacom, siswa dapat lebih fokus saat proses pembelajaran, dari awal hingga akhir. Solusi ini juga membantu saya sebagai pengajar mata pelajaran Matematika, membuat proses belajar mengajar jadi lebih asyik dan menyenangkan,” ujar Frans Cilia Mahdalena – Guru SMA PESAT School of Talent, Bogor. “Solusi belajar mengajar menggunakan Wacom dan ClassPoint ini juga memudahkan tenaga pengajar menerapkan metode pembelajaran hybrid (online dan tatap muka di sekolah secara bersamaan).”

Dengan menggunakan Wacom dan ClassPoint, pengajar bisa berhadapan langsung di depan siswa yang ada di kelas sekaligus di depan webcam. Pengajar tidak perlu pergi ke depan papan tulis sehingga tetap tampil di layar komputer siswa yang ada di rumah.

Related articles

Canon Siap Gelar ECI Virtual Conference 2021

Technologue.id, Jakarta - Perhelatan akbar untuk para pecinta foto...

Canon EOS R3, Kamera Flagship Mirrorless Full Frame Resmi Hadir di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Setelah resmi dirilis secara global pada...

Canon Raih Penghargaan Indonesia Digital Marketing Champions 2020

Technologue.id, Jakarta - Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor...

Sambut Akhir Tahun, Datacripmall.ID Hadirkan Promo 12.12 Gift Day

Technologue.id, Jakarta - Jelang akhir tahun 2020, Datascripmall.ID portal...

Datascrip Gaet Eaton, Hadirkan Teknologi UPS Paling Mutakhir

Technologue.id, Jakarta - Banyak masalah yang terjadi ketika aliran...