Technologue.id, Jakarta – Pagelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 telah usai. Selama empat hari itu, kita disuguhkan banyak gawai dan inovasi baru yang disempurnakan dan dipamerkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Dari kemajuan teknologi 5G hingga smartphone layar lipat, dari headset realitas maya hingga robot retro futuristik, pameran tahun ini sungguh mengagumkan.

Dari ruang pameran seluas sekitar 241.000 meter persegi seperti dikutip dari AndroidPolice (12/1/2019), inilah 5 gawai terbaik yang muncul di CES 2019.

Baca Juga:
Sindiran Besar Apple Warnai CES 2019

1. HP Chromebook 14

- Advertisement -


Produk ini merupakan HP Chromebook pertama yang menggunakan prosesor AMD. Dengan AMD, value perangkat ini jauh lebih baik ketimbang Chromebook Intel dengan harga yang sama, karena adanya prosesor 15W yang jauh lebih kuat dan GPU yang mumpuni.

HP Chromebook 14 menawarkan pengisian USB-C di kedua sisi laptop – dan desain plastik keras yang bertekstur sehingga dijamin tidak akan meninggalkan goresan atau sidik jari. Layar sentuhnya yang memiliki resolusi 1080p akan dijual seharga US$ 300 (sekitar Rp4,4 juta), sementara model layar 768p akan dilego sebesar US$ 270 (Rp3,7 jutaan). Ini akan menjadi salah satu perangkat Chrome entry-level yang menonjol tahun ini.

2. Acer Chromebook 315


HP Chromebook 14 mendapat saingan kuat di segmen entry-level. Adalah Chromebook 315 yang memiliki body lebih besar namun harga terjangkau. Dengan tampilan layar 15,6 inchi, Acer Chromebook 315 menjadi salah satu Chromebook terbesar di pasar. Harganya US$ 280 (sekitar Rp2,9 juta) ketika debut akhir tahun ini.

Acer Chromebook 315 menggunakan prosesor mobile seri AMD A4/A6, sama seperti HP Chromebook 14, yang artinya performa perangkat seharusnya ada kesamaan. Chromebook 315 dilengkapi dengan kapasitas RAM hingga 8GB dan layar sentuh 1080p.

Baca Juga:
Lenovo Pajang Dua Laptop Gaming Legion di CES 2019

3. JBL Link Drive


JBL Link Drive akan membawa fitur Google Assistant ke dalam kendaraan Anda. Menghubungkan dongle ini sangat mudah, cukup dengan menggunakan pemantik rokok dan Bluetooth (atau kabel tambahan bila mobil tidak memiliki Bluetooth).

Dongle mendukung aktivasi kata kunci untuk pengalaman secara handsfree yang sesungguhnya. Pengguna akan dapat memulai navigasi atau memutar koleksi lagu favorit tanpa perlu mengotak-atik ponsel. Dibanderol US$ 60 (atau sekitar Rp840 ribu), alat ini diprediksi akan terjual dengan sangat baik, karena memberikan pengalaman Asisten virtual berbeda dalam mobil konvensional.

4. Nubia Red Magic Mars


Ponsel gaming dari Nubia yang dipersenjatai dengan Snapdragon 845 juga memiliki sistem pendingin yang disebut ICE (pipa peredam panas ganda). Nubia Red Magic Mars diluncurkan dalam tiga versi, antara lain model RAM 6GB/ 64GB, RAM 8GB/128GB dan RAM 10GB/256GB di kelas terkuat. Model ini dijual masing-masing US$388 (sekitar Rp5,4 juta), US$460 (sekitar Rp6,4 juta), dan US$575 (atau setara Rp8 jutaan).

Canggihnya, Nubia menyertakan speaker stereo dengan audio DTS 7.1, yang diklaim Nubia suaranya bakal sangat seru saat bermain games. Nubia melengkapi Red Magic Mars dengan kontroler permainan (dibeli terpisah) yang terhubung dengan Bluetooth.

5. Lenovo Smart Clock


Bila ada acara awarding, Lenovo Smart Clock mungkin pantas menyandang predikat Gadget Paling Adorable. Layar mungil berukuran 4 inci membuatnya terlihat pint-sized bahkan di sebelah Google Home Hub yang sudah kecil. Smart Lock besutan Lenovo ini merupakan produk pertama dari jenisnya di ekosistem Google, yang disebut sebagai Google Home Mini karena memiliki jam dan beberapa fungsionalitas dasar smart display (seperti pemantauan video bel pintu).

6. Royole Flexpai

Sesuai dengan ekspektasi, ponsel ini dapat dilipat dan berubah bentuk sebagai ponsel ataupun tablet. FlexPai dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 855. Tersedia dua varian RAM 6 GB dan 8 GB. Demikian pula dengan internal yang tersedia dalam pilihan 128 GB dan 256 GB. Fitur lainnya meliputi layar 7,8 inci QHD, dual kamera belakang 16MP+20MP dan sistem operasi Android Pie 9.0.

FlexPai dilepas dengan harga USD 1.318 atau setara dengan Rp 19 jutaan untuk kombinasi 6GB/128GB. Sedangkan untuk versi 8GB/256GB dibanderol dengan harga USD 1.469 atau senilai Rp 20 jutaan.

7. HTC Vive Pro Eye dan Vive Cosmos

HTC memajang dua headset virtual reality (VR) baru dalam panggung Consumer Electronics Show (CES) 2019. Duo produk itu adalah Vive Pro Eye dan Vive Cosmos. Vive Pro Eye secara alami mengintegrasikan eye tracking yang mampu menampilkan navigasi menu gaze-tracking sehingga beroperasi tanpa perlu memakai controller.

Sementara itu, Vive Cosmos pelacakan inside-out dari empat kamera dan layar flip-up, yang sama sekali tidak memerlukan pelacakan eksternal.HTC menciptakan Vivo Cosmos sebagai headset yang dapat bekerja dengan lebih dari sekadar PC gaming kelas atas. Pengontrol gerak telah di-redesain sehingga tampak menyerupai Oculus Touch, lengkap dengan tracking ring dan joystick.