Kominfo Akselerasi Pemerataan Infrastruktur TIK untuk Pulih dari Pandemi

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mengakselerasi penyediaan dan pemerataan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sejumlah sektor guna memulihkan perekonomian nasional di masa pandemi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba mengklaim bahwa Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di sepanjang tahun 2020 telah membangun 1.682 Base Transceiver Station (BTS) jaringan 4G di 1.682 kelurahan.

Dalam forum yang digelar pada Rabu (24/03/2021), Mira mengatakan program akses internet di tahun 2020 mengalami penambahan yang signifikan. Tak tanggung-tanggung, dari yang ditargetkan hanya 9.400 lokasi menjadi 11.817 lokasi.

Baca Juga:

Kominfo Minta Michat Blokir Akun “Ena-ena”


“Sebagaimana saya sampaikan sebelumnya bahwa Kominfo akan terus membangun infrastruktur di Indonesia. Program akses internet dan jaringan 4G di wilayah 3T, telah dimanfaatkan dengan baik atau setidaknya untuk sektor kesehatan dan pendidikan,” katanya.

Lebih lanjut Mira memaparkan, pada sektor pendidikan akses internet dan jaringan 4G dimanfaatkan untuk pelatihan pembelajaran online, penyediaan lisensi bahasa Inggris online, penyediaan lisensi belajar agama Islam juga secara online, pelaksanaan kegiatan pelatihan coding untuk masyarakat dan pelatihan TIK untuk disabilitas.

“Memang, programnya sangat inklusif, sedangkan pada sektor kesehatan telah diadakan pelatihan aplikasi pencatatan kesehatan ibu hamil bagi bidan di puskesmas di wilayah 3T,” jelasnya.

Baca Juga:

Kejar Target, Kominfo Buka Seleksi Penyelenggara Multipleksing Siaran TV Digital Teresterial


Selain, sektor pendidikan dan kesehatan, Mira juga menyampaikan sektor lainnya yang juga memanfaatkan program akses internet dan jaringan 4G di wilayah 3T, antara lain adalah sektor UMKM, maritim, dan pertanian, kebencanaan, pariwisata dan e-Government dan non sektor yaitu kegiatan literasi digital untuk mensosialisasikan pemanfaatan TIK.

“Tidak hanya itu, pengembangan SDM di sektor komunikasi dan informatika juga menjadi fokus Kominfo dalam melahirkan talenta digital yang diharapkan nantinya akan menguasai ekosistem teknologi mutakhir,” jelasnya.

Kominfo sendiri di tahun 2021 ini menargetkan capaian pembangunan infrastruktur TIK secara besar-besaran, antara lain menambah BTS 4G di 4.200 kelurahan, akses internet atas sebanyak 7.764 titik lokasi, peningkatan kapasitas satelit menjadi 30Gbps dan utilisasi Palapa Ring untuk Zona Barat, Tengah, maupun Timur.

- Advertisement -

Latest News

Facebook dan Instagram Dituding Hapus Konten Serangan Israel ke Palestina

Technologue.id, Jakarta - Raksasa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dituding telah menyensor, serta menghapus postingan dan tagar terkait ketegangan baru-baru...

128 Juta iPhone Terinfeksi Malware

Technologue.id, Jakarta - Apple baru-baru ini mengungkapkan bahwa ada upaya penyerangan malware ke ratusan juta pengguna iOS. Sebanyak 128 juta pengguna iOS...

#SavePalestine Bergema Imbas Serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa

Technologue.id, Jakarta - Warganet dari seluruh dunia mengecam serangan udara mematikan Israel di jalur Gaza dengan mencuitkan tagar #SavePalestine.

Resident Evil: Village Raup 100.000 Gamer dalam 2 Hari

Technologue.id, Jakarta - Resident Evil: Village berhasil memecahkan rekor baru di Steam. Game besutan Capcom tersebut telah meraih pemain aktif hingga lebih...

PlayStation 5 Masih Langka Hingga Tahun Depan

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 akan tetap langka hingga tahun 2022. Hal ini disampaikan langsung oleh Chief Financial Officer (CFO) Sony, Hiroki...

Related Stories