Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kominfo Jaga Ruang Digital Pemilu 2024 dari Penjahat Siber
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menjaga ruang digital agar pelaksanaan pemilihan umum berlangsung baik dan sehat.

Menkominfo, Johnny G Plate, mengklaim telah menyiapkan dukungan teknologi informasi, tim keamanan siber dan penangkal konten negatif. “Kominfo mendukung ruang digital yang sehat. Tidak saja pada saat penyelenggaran pemilihan umum, juga seluruh kehidupan di dalam ruang digital setiap saat,” katanya saat memberikan keterangan kepada pekerja media seusai menerima Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat.

Melalui peningkatan kapasitas perangkat dan teknologi, Johnny berharap dapat membantu pelacakan konten negatif dengan skema alphabetical dan numerical. “Alphabetical dan juga numerical jadi bisa membacanya baik huruf maupun angka. Untuk menjaga ruang digital dari serangan siber, sudah ada lintas koordinasi antarkementerian dan lembaga atau yang kita sebut dengan tim cyber respons (CSIRT),” jelasnya.

Baca juga:
Daftar PSE yang Sudah Terdaftar di Kominfo

Selanjutnya, Menkominfo menjelaskan, tim respons cepat keamanan siber itu memiliki tugas merespons seluruh serangan siber yang mengarah ke aplikasi pemerintah. Pada saat bersamaan, Johnny juga mengimbau penghentian aksi peretasan yang dilakukan karena tidak ada gunanya.

Di samping itu, secara khusus, Kementerian Kominfo juga rutin berkomunikasi dengan seluruh platform digital baik global dan lokal. Menkominfo meminta penyelenggara platform digital terus menjaga sistem keamanan dan , melengkapi dengan teknologi keamanan enkripsi yang baik, kuat serta menyiapkan tim yang dapat merespons insiden dengan cepat.

Menkominfo juga meminta seluruh pihak untuk menjaga penyelenggaraan pemilu berlangsung dengan baik, aman, dan lancar. Dengan kerja keras KPU, koordinasi lintas kementerian/lembaga, partisipasi dan peran sektor masyarakat termasuk media, Indonesia bisa menyelenggarakan pemilu.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Robot SLIM Buatan Jepang Bertahan dalam Suhu Ekstrem di Bulan

Terungkap Biaya Produksi Apple Vision Pro Rp23 Jutaan per Unit