Kominfo Berangus Ribuan Situs dan Konten Langgar HKI

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) mengungkapkan telah berhasil memblokir 1745 situs dan konten yang berkaitan dengan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Jumlah tersebut dikumpulkan sepanjang tahun 2017 sampai tahun 2019.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate mengatakan, “Pemblokiran situs yang memuat konten bermuatan pelanggaran HKI ini dilakukan untuk menghargai hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki bangsa Indonesia ataupun negara lain.”

Baca Juga:
Sepanjang 2018-2019, Kominfo Blokir Ribuan Fintech Ilegal

Berdasarkan data Kominfo, di sepanjang tahun 2017, terdapat 190 konten bermuatan pelanggaran HKI yang berhasil dilumpuhkan Kominfo. Kemudian pada tahun 2018 jumlahnya bertambah menjadi 412 konten, dan di tahun selanjutnya terjadi peningkatan tajam hingga mencapai angka 1143 konten.

Selain itu, pada waktu yang berbeda, Johnny juga mengatakan pemblokiran dilakukan untuk membangun perekonomian nasional.

“Kami sedang membangun iklim investasi yang baik, kepastian usaha yang baik, menyemarakkan ekonomi. Jangan sampai kita membuat hal yang justru mengganggu rencana ekonomi kita jadi tidak baik,” tandasnya.

Baca Juga:
Kominfo Terima Banyak Aduan Soal Pornografi di 2019

Sementara itu, untuk pemilik atau pengelola laman situs konten bajakan yang memutuskan untuk menutup layanannya sendiri, Menteri Kominfo mengapresiasi langkah tersebut. Menurutnya, tindakan tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat lebih dewasa dan cerdas dalam memanfaatkan internet.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories