Kominfo Berangus Ribuan Situs dan Konten Langgar HKI

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) mengungkapkan telah berhasil memblokir 1745 situs dan konten yang berkaitan dengan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Jumlah tersebut dikumpulkan sepanjang tahun 2017 sampai tahun 2019.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate mengatakan, “Pemblokiran situs yang memuat konten bermuatan pelanggaran HKI ini dilakukan untuk menghargai hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki bangsa Indonesia ataupun negara lain.”

Baca Juga:
Sepanjang 2018-2019, Kominfo Blokir Ribuan Fintech Ilegal

Berdasarkan data Kominfo, di sepanjang tahun 2017, terdapat 190 konten bermuatan pelanggaran HKI yang berhasil dilumpuhkan Kominfo. Kemudian pada tahun 2018 jumlahnya bertambah menjadi 412 konten, dan di tahun selanjutnya terjadi peningkatan tajam hingga mencapai angka 1143 konten.

Selain itu, pada waktu yang berbeda, Johnny juga mengatakan pemblokiran dilakukan untuk membangun perekonomian nasional.

“Kami sedang membangun iklim investasi yang baik, kepastian usaha yang baik, menyemarakkan ekonomi. Jangan sampai kita membuat hal yang justru mengganggu rencana ekonomi kita jadi tidak baik,” tandasnya.

Baca Juga:
Kominfo Terima Banyak Aduan Soal Pornografi di 2019

Sementara itu, untuk pemilik atau pengelola laman situs konten bajakan yang memutuskan untuk menutup layanannya sendiri, Menteri Kominfo mengapresiasi langkah tersebut. Menurutnya, tindakan tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat lebih dewasa dan cerdas dalam memanfaatkan internet.

Latest News

9 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy Note20 Series yang Jarang Diketahui

Technologue.id, Jakarta - Didapuk menjadi smartphone flagship, sudah barang tentu Galaxy Note20 mengemas kelebihan-kelebihan yang akan mempermudah penggunanya dalam melalukan aktivitas melalui...

Tim Cook Bagikan Foto Para Pemilik Pertama iPhone 12

Technologue.id, Jakarta - Bos Apple, Tim Cook membagikan foto para pemilik pertama iPhone 12 yang baru saja diluncurkan. Foto itu ia unggah...

Realme Siap Luncurkan Smartphone Narzo 20 dan Produk AIoT

Technologue.id, Jakarta - realme hari ini mengkonfirmasi akan meluncurkan realme narzo 20 dan realme narzo 20 Pro khusus untuk gamer muda.

WhatsApp Boyong Fitur Baru di Versi Website

Technologue.id, Jakarta - WhatsApp dikabarkan akan segera menghadirkan dua fitur tambahan di versi websitenya. Fitur tersebut adalah video call dan voice call...

Hacker Rusia dan Iran Kompak Susupi Pilpres AS

Technologue.id, Jakarta - Pemilihan Presiden (Pilpres) AS dikabarkan telah disusupi oleh sindikat hacker asal Rusia dan Iran. Mereka telah berhasil masuk ke...

Related Stories