Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Latest News Headline

Kominfo Mau Matikan Layanan 3G

byChoiru Rizkia - editorDenny Mahardy Dec 31, 2021

Technologue.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mengkaji mekanisme penghapusan jaringan seluler generasi ketiga, 3G.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta para operator seluler menghapus jaringan 3G. Dia menyebut jaringan 4G lah yang menjadi tulang punggung telekomunikasi nasional.

Baca Juga:
Kominfo Sediakan 200 Akses Internet di Pos Layanan TNI Wilayah 3T

"4G ini menjadi tulang punggung telekomunikasi nasional. Secara bertahap sudah minta kepada operator seluler untuk fade-out 3G," ujarnya saat acara Mendigitalisasi Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo, dari kanal YouTube Kemkominfo TV.

Lebih lanjut dia mengatakan alasan kenapa harus 3G yang dihapuskan bukan yang lebih lawas seperti 2G, karena keduanya berbeda penggunannya.

"Kalau 2G komunikasi suara, 3G komunikasi data. 3G komunikasi yang lamban, pesaingnya adalah 4G komunikasi data yang lebih cepat," ungkapnya.

Baca Juga:
BAKTI Kominfo Resmikan BTS 4G di Papua

Untuk tenggat waktu penghapusan 3G sendiri, Menkominfo masih belum bisa menyebutkan kapan. Langkah selanjutnya dilakukan menunggu hasil kajian dari tim internal di Kominfo selesai. Hasil kajian itulah yg akan menentukan eksekusi kebijakan ini ke depannya.

Sembari menanti 3G sepenuhnya dihapuskan, melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo, terus melakukan pembangunan BTS 4G di daerah pelosok.

#Kominfo #Menkominfo #3G #4G #Layanan3G #MenteriKominfo #MenkominfoJohnnyPlate

Baca Juga