Kominfo Minta Telkomsel Selidiki Bocornya Data Denny Siregar

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta Telkomsel melakukan penyelidikan terkait hebohnya kasus kebocoran data yang dialami Denny Siregar. Permintaan tersebut dilontarkan dalam keterangan resminya pada Senin (6/7/2020).

“Kementerian Kominfo telah meminta kepada penyelenggara jaringan bergerak seluler terkait, untuk melakukan investigasi internal dan menelusuri apakah telah terjadi pencurian atau kebocoran data pelanggan telekomunikasi seluler,” ujarnya.

Baca Juga:

Raksasa E-Commerce Indonesia di Retas, Ini Tanggapan Kominfo

Dalam pernyataannya, Menteri Johnny juga menegaskan agar penyedia layanan telekomunikasi, terkhusus Telkomsel senantiasa merahasiakan seluruh data pelanggannya. Hal ini seperti tertuang dalam pasal 17 ayat (3) dan ayat (5) Peraturan Menteri Kominfo 12/2016.

Lebih lanjut, masyarakat dihimbau untuk merahasiakan dan menyimpan data pribadi dengan baik guna mencegah adanya kebocoran data pelanggan jasa telekomunikasi seluler. Ia juga mengingatkan bahwa melakukan penyalahgunaan terkait data pribadi milik orang lain akan diproses secara hukum.

“Kementerian Kominfo menhimbau kepada masyarakat untuk merahasiakan dan menyimpan dengan baik data pribadi seperti NIK, No.KK dan data pribadi lainnya. Jangan sampai diketahui pihak lain yang tidak berhak dan menyalahgunakan data pribadi ini dengan tujuan yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hukum,” katanya.

Baca Juga:

Tips Aman Jaga Data Pribadi Agar Tidak Disalahgunakan

Kasus kebocoran data yang menimpa Denny Siregar sendiri mencuat ketika akun Twitter @Opposite6891 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar yang menampilkan sejumlah informasi pribadi milik Denny. Pria yang tengah jadi perbincangan lantaran menyebut santri calon teroris itu lantas meminta pertanggungjawaban kepada Telkomsel.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories