Kominfo Sebut Jutaan Data Penduduk yang Bocor Identik dengan Data BPJS

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya menemukan titik terang terkait kasus bocornya data 279 juta penduduk Indonesia.


Terungkap bahwa akun bernama Kotz memang benar menjual data pribadi di Raid Forums, dan Kotz sendiri merupakan pembeli dan penjual data pribadi (reseller).


Kominfo menyebut sampel data yang bocor diduga kuat identik dengan data BPJS Kesehatan. Namun tidak jumlahnya tidak 1 juta seperti klaim penjual, hanya berjumlah 100.002 data.

Baca Juga:

Bocor Data Penduduk RI, Pengamat: Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah


“Data identik dengan data BPJS Kesehatan, berdasarkan pada data Nomor Kartu, Kode Kantor, Data Keluarga/Data Tanggungan, dan status Pembayaran,” jelas Kominfo, Jumat (21/5/2021).


Kominfo mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipatif untuk mencegah penyebaran data lebih luas dengan mengajukan pemutusan akses terhadap 3 tautan terkait.


Tak hanya itu, Kominfo juga telah melakukan pemanggilan terhadap Direksi BPJS Kesehatan sebagai pengelola data pribadi yang diduga bocor untuk proses investigasi lebih mendalam.

Baca Juga:

Analisa Kaspersky Soal Bocor Data Warga Indonesia


Untuk diketahui, jutaan data penduduk Indonesia dikabarkan bocor dan dijual di forum peretas. Kabar ini mencuat setelah dicuitkan oleh akun Twitter @ndagels.


Dalam cuitannya, @ndagels mengatakan bahwa setidaknya ada 279 juta data yang dijual. Diantaranya terdapat data orang yang telah meninggal dunia.

- Advertisement -

Latest News

Paruh Pertama 2021, DANA Catat Pertumbuhan Signifikan

Technologue.id, Jakarta - Dompet digital Dana mencatat pertumbuhan positif di paruh pertama 2021. Capaian ini menempatkan DANA sebagai perusahaan teknologi finansial dengan...

Menhub Apresiasi Inovasi Grab saat Pandemi

Technologue.id, Jakarta - Adaptasi yang dilakukan Grab di tengah pandemi mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi. Ia mengatakan bahwa...

Daftar Area yang Kedapatan Layanan 5G Indosat

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo resmi menghadirkan layanan 5G, Selasa (22/6/2021). Pada tahap awal ini, layanan tersedia di beberapa kota besar antara...

Instagram Music Meluncur di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Instagram akhirnya resmi merilis fitur stiker musik Instagram Stories ke Indonesia. Pengguna di Indonesia kini memiliki...

iPad Pro 2021 Masuk Indonesia, Ini Harganya

Technologue.id, Jakarta - Tablet anyar besutan Apple, iPad Pro 2021, akhirnya resmi dijual di Indonesia. Informasi ini disiarkan oleh...

Related Stories