InternetKominfo-Telkom Bangun Jaringan Alternatif SKKL Merauke-Timika

Kominfo-Telkom Bangun Jaringan Alternatif SKKL Merauke-Timika

Technologue.id, Jakarta – Dalam sepekan terakhir, terjadi gangguan terhadap jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) rute Jakarta-Surabaya dan Merauke-Timika.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, Kementerian Kominfo bersama PT Telkom Indonesia telah menyiapkan jaringan alternatif untuk mitigasi gangguan SKKL Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) milik PT Telkom Indonesia rute Merauke-Timika.

“Dalam minggu-minggu terakhir telah terjadi dua kali gangguan SKKL atau jaringan kabel serat optik di Indonesia. Pertama gangguan terhadap SKKL Jakarta-Surabaya. Kedua, jaringan fiber optic Sulawesi, Maluku, Merauke sampai ke Timika. Gangguan ini sedang dilakukan mitigasi apa penyebabnya,” ungkap Menkominfo dalam konferensi pers progres penyelesaian gangguan SKKL Telkom Segmen Merauke-Timika, Selasa (10/5/2022).

Baca juga:
Jaringan Fiber Optik Luas dan Merata Jadi Kunci Stabilnya 5G

Sedangkan pada jaringan SKKL Jakarta-Surabaya, Johnny menyatakan PT Telkom Indonesia telah memperbaiki jaringan. “Syukur alhamdulillah PT Telkom sigap memperbaiki. Selesai pada tanggal 6 Mei yang lalu sehingga layanan telekomunikasi tulang punggung data yang besar dapat terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Menkominfo menjelaskan, gangguan SKKL akan memengaruhi kualitas layanan telekomunikasi dan berdampak terhadap kualitas layanan akses internet di wilayah Papua. Menurut Jhonny, saat terjadi gangguan SKKL Merauke-Timika, kapasitas kebutuhan traffic diperkirakan sebesar 42 GB. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo dan PT Telkom Indonesia telah menyiapkan jaringan alternatif sebagai langkah mitigasi.

“Recovery dilakukan dengan memanfaatkan backup link sebesar 3,25 GB. Dari Palapa Ring sebesar 1,25 GB dan satelit sebesar 2 GB,” klaimnya.

Related articles

Kominfo Dukung Peningkatan Kualitas SDM

Technologue.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki komitmen...

Google Ramalkan Ekonomi Digital RI Tahun 2025 Tembus Rp2.055 Triliun

Technologue.id, Jakarta - Ekonomi digital Indonesia pada 2025 diramalkan...

Kominfo Gunakan Toolkit dalam Survey Masyarakat Digital

Technologue.id, Jakarta - Isu literasi dan keterampilan digital menjadi...

Harkitnas Menjadi Momen Kebangkitan Bersama dari Pandemi

Technologue.id, Jakarta - Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114,...

Hari Kebangkitan Nasional menjadi Momen Refleksi Pembangunan di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Semangat Hari Kebangkitan Nasional masih relevan...