Technologue.id, Jakarta – Sebagai perusahaan nasional ternama, Indosat Ooredoo jelas punya aset besar: pegawainya. Demi menjaga keselamatan sumber daya manusianya tersebut, operator yang dipimpin Alexander Rusli itu berkomitmen untuk selalu menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkungan kerjanya.

Ternyata, inisiatif itu dilirik karena apik. Buktinya, Indosat Ooredoo baru saja meraih Penghargaan Nasional K3 tahun 2017 kategori Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dengan predikat Bendera Emas (Golden Flag). Ini adalah ganjaran dari penerapan SMK3 di kantor operasionalnya yang berada di empat kota besar.

“Indosat Ooredoo memegang teguh komitmennya untuk senantiasa menjaga serta memelihara keselamatan dan kesehatan karyawannya dalam bekerja, di seluruh wilayah operasionalnya,” ungkap R. Andy Herdanarto, Group Head Facilities Management Services Indosat Ooredoo, dalam keterangan pada Technologue.id (24/07/17).

Penganugerahan Bendera Emas sebagai Penghargaan tertinggi bidang K3 yang kembali kami raih tahun ini untuk kantor operasional kami di Medan, Bandung, Semarang, dan Makasar, merupakan bentuk pengakuan keberhasilan kami dalam menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja,” tambahnya.

Sebagai tambahan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), perusahaan yang mempekerjakan pekerja/buruh paling sedikit 100 orang atau mempunyai tingkat potensi bahaya tinggi wajib menerapkan dan melakukan penilaian penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Namun di samping sertifikasi SMK3 sebagai standard pengelolaan K3, Indosat Ooredoo mengaku mengantongi standard OHSAS 18001 dan ISO 14001 sebagai sertifikasi bidang K3 dan Lingkungan yang merupakan standar yang telah diakui oleh badan sertifikasi Internasional (QUAY Audit UK Limited).

 

Baca juga:

Karyawannya Dituding Anti-NKRI, Begini Kata Indosat

CEO Indosat Berang Ada Karyawannya Anti-NKRI

Indosat Ooredoo vs XL Axiata di Malam Tahun Baru 2017, Menang Siapa?