email-subscribe search-bar

Copyright 2023 Technologue ID. All rights reserved.

News Latest News

Komitmen Western Digital Capai Emisi Nol Karbon pada 2032

byChoiru Rizkia - editorChoiru Rizkia Jun 9, 2023

Technologue.id, Jakarta - Western Digital mengumumkan target keberlanjutan perusahaan baru yang merupakan bagian dari komitmen untuk memberikan dampak positif dalam jejak lingkungan global.

Melalui target baru ini, Western Digital akan menjalankan operasional perusahaan dengan energi terbarukan sepenuhnya untuk menghapuskan emisi Scope 1 dan Scope 2 di seluruh operasional perusahaan, termasuk target mengurangi air dan limbah.

Strategi keberlanjutan merupakan inti dari bisnis Western Digital. Melalui perencanaan dan eksekusi yang strategis, Western Digital berhasil mencatatkan beberapa pencapaian, seperti menjalankan pabrik dengan energi terbarukan dan mengurangi konsumsi energi per unit produksi.

Baca Juga:
Upaya Western Digital Antisipasi Kepadatan di Pusat Data

Secara spesifik, target baru Western Digital meliputi: Menjalankan operasional skala global dengan 100% energi terbarukan pada 2030, Mencapai nol emisi karbon untuk operasional perusahaan (emisi Scope 1 dan 2) pada 2032, Mengurangi penarikan air hingga 20% pada 2030, serta Mengalihkan lebih dari 95% limbah operasional dari Tempat Pembuangan Akhir pada 2030.

Irving Tan, Executive Vice President of Global Operations Western Digital menjelaskan bahwa komitmen terhadap target berkelanjutan yang baru ini merupakan langkah agresif dari Western Digital untuk menjadi pelestari lingkungan yang baik, serta mengedepankan tujuan berbasis data dan metrik sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan untuk memitigasi dampak perubahan iklim.

"Kami melihat adanya kemajuan signifikan dalam upaya pengurangan emisi, penggunaan air, dan limbah, pemanfaatan energi terbarukan, serta desain produk dan kemasan rendah karbon. Target baru ini kembali menggarisbawahi komitmen kami untuk menjadi pemimpin industri dalam hal keberlanjutan," ujar Tan.

Western Digital telah menentukan target agresif untuk program keberlanjutan dan telah diakui oleh organisasi industri.

Baca Juga:
Western Digital Upgrade Storage HDD Eksternal WD My Book dan My Book Duo

Sebagai contoh, tujuan perusahaan untuk mengurangi 42% emisi Scope 1 dan Scope 2 pada 2030 dan mengurangi 50% emisi use-phase per Terabyte pada 2030, sejak tahun 2020, telah disetujui oleh Science Based Target Initiative (SBTi) pada tahun 2021. Sejak saat itu, Western Digital telah mencatatkan hampir 15% pengurangan emisi Scope 1 dan Scope 2.

Selain itu, sebagai mitra pendiri First Mover Coalition, Western Digital telah berkomitmen untuk menggunakan setidaknya 10% bahan bakar nol emisi untuk pengiriman laut pada 2030. Fasilitas Western Digital di Shanghai, Tiongkok dan Penang, Malaysia telah diakui oleh Lighthouse Network dari World Economic Forum sebagai Sustainability Lighthouse.

"Komitmen baru Western Digital dalam area nol emisi karbon, pengurangan air dan limbah, serta penggunaan energi terbarukan, menjadi bukti nyata dari dedikasi perusahaan untuk mengurangi dampak operasi bisnisnya bagi bumi dan membuka jalan bagi perusahaan lain untuk mengambil langkah yang sama," jelas Curtis Price, VP Sustainability Research IDC.

#WesternDigital #WesternDigitalOfficialStoreDiTokopedia #EmisiNolKarbon

Baca Juga