Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kompetisi Desain Toilet di Bulan, NASA Siapkan Hadiah Setengah Miliar Rupiah
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) membuka kompetisi unik bagi siapa saja yang ingin merancang toilet yang cocok dibangun bulan. Hadiah yang disiapkan tidak tanggung-tanggung yakni mencapai US$ 35.000 atau Rp500 miliar.

Sayembara ini diadakan seiring rencana ambisius NASA untuk mengirim kembali astronot ke bulan pada tahun 2024. Menurutnya, para kru harus mendapat pelayanan ke kamar mandi secara baik selama misi.

Baca Juga:
NASA Hadirkan Program Pelatihan Menjadi Astronot untuk Anak

NASA memang sudah memiliki sistem toilet yang biasa mereka pakai. Namun hal itu terbatas pada microgravitasi saja. Sementara di tempat dengan nilai gravitasi lain, seperti bulan, konsep yang sama tidak memungkinkan. Makanya kemudian NASA terpikir untuk mengembangkan desain toilet lain yang bisa diterapkan di gravitasi bulan tersebut.

Dilansir dari CNN (26/6/2020), sebagai gambaran, gravitasi bulan kira-kira seperenamnya (1/6) gravitasi Bumi. Jadi menurut ilmuwan ruang angkasa, kotoran yang dikeluarin bakal bergerak berbeda di luar sana. Tidak jatuh seperti di Bumi.

NASA sendiri telah memberikan kerangka besar seperti apa spesifikasi yang dibutuhkan toilet gravitasi bulan ini. Antara lain, beratnya tidak boleh lebih dari 15 kilogram ketika ditimbang di Bumi, volume kapasitasnya tidak lebih dari 0,12 meter kubik, mengkonsumsi energi tidak lebih dari 70 watt, menghasilkan suara tidak lebih dari 60 desibel, dan harus bisa dipakai oleh perempuan maupun pria.

"Walaupun kami tahu bagaimana membuat toilet luar angkasa, tapi ada banyak inovasi toilet juga yang bermunculan dalam rangka waste management. Mulai dari toilet tanpa flush maupun toilet tanpa air dan banyak lagi," kata Mike Interbartolo, project manager Lunar Loo Challenge di NASA Johnson Space Center.

"Kami ingin melihat apa yang bisa muncul lewat pengumpulan ide dari masyarakat, yang mungkin out of the box dan membawa perspektif berbeda untuk hal yang dibutuhkan bagi toilet," lanjutnya.

Baca Juga:
NASA Wajibkan Karyawan Bekerja di Rumah

Interbartolo menambahkan, konsepnya mungkin akan mirip dengan inovasi toilet untuk beberapa kondisi. Misalnya untuk camping, di laut, atau di daerah terpencil dan sulit air.

Challenge ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu teknis dan junior. Untuk yang berminat ikutan, disarankan untuk submit ide ke NASA paling lambat 17 Agustus mendatang. \

SHARE:

Boston Dynamics Pamer Robot Humanoid Atlas Baru Bertenaga Listrik

Google Maps Dapat Peningkatan, Bisa Cari Lokasi SPKLU