Kompetisi HackData 2019 Hasilkan Tiga Pemenang

Technologue.id – Setelah bersaing dalam kompetisi HackData yang digelar Indosat Ooredoo, akhirnya kompetisi ini mengumumkan sederet nama pemenang. Juri mengumumkan 3 pemenang dari 10 finalis yaitu Gama sebagai juara satu, kemudian ada Srikandi yang memperoleh juara dua, dan Lantai5 sebagai juara tiga.

“Pada hari ini, dengan bangga kami hadirkan 3pemenang dari 10 finalis terbaik IDCamp HackData 2019. Dari jumlah peserta yang ikut serta juga jauh lebih baik dari perkiraan mengingat hal ini adalah yang pertama di Indonesia,” kata Arief Musta’in, Director & Chief Innovation and Regulatory Officer Indosat Ooredoo, di kantor pusat Indosat Ooredoo, di Jakarta, pada Kamis (28/11/2019).

Baca Juga:
Ulang Tahun, IM3 Ooredoo Kasih Bonus Kuota Hingga Diskon Jutaan Rupiah

Diketahui kompetisi ini bertujuan untuk mendorong anak muda Indonesia menciptakan solusi inovatif berbasis data analytics dengan menggunakan data set dan Application Programming Interface (API) dari Indosat Ooredoo.

Sebagai juara satu, Gama melakukan inovasi di bidang pertanian. Mereka mengangkat solusi digital dalam pemberian nutrisi secara tepat.

“Kita lihat petani itu sulit memberikan nutrisi yang presisi, kita memberikan inovasi yang efektif dan efisien dengan alat pemberian nutrisi. Dalam hal ini kita memakai sistem agrikultur dan AI,” ujar perwakilan Gama.

Kemudian untuk menjadi juara dua, Srikandi membuat project kawal ibu hamil untuk mencegah kasus stunting, yang mana merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, dan terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Baca Juga:
Cetak Developer Muda, Indosat Ooredoo Gelar IDCamp

Sedangkan Lantai5 berinovasi melalui program Sekolah Yuk yang merupakan aplikasi mobile untuk membantu siswa lebih mudah mengakses bus sekolah. Dalam aplikasi tersebut dijelaskan terdapat game yang edukatif untuk memunculkan jiwa kompetitif.

Peserta HackData memanfaatkan total 346 set data yang diambil dari portal open data milik pemerintah daerah, yang terdiri dari 122 set data Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, 214 set data Pemerintah Kota Bandung, dan 10 set data serta 19 API Indosat Ooredoo.

Terdapat topik yang bisa dipilih dalam kompetisi ini meliputi Pemerintahan Terbuka (Open Govenrment), Kesehatan (Health), Kota Cerdas (Smart City) dan Bisnis (Business).