Komputer Mini Hemat Daya Meluncur di Indonesia

Peluncuran Komputer Mini Liva XE dan Liva ZE (Denny Mahardy/Technologue.id)

Technologue.id, Jakarta – Pasar komputer Indonesia kedatangan jajaran produk komputer mini Liva. ECS Elitegroup, perusahaan pembuat mini PC memboyong dua seri Liva teranya, Liva XE dan Liva ZE.

Liva XE hanya seukuran kaleng soda yang membuatnya bisa menghemat ruang. Perangkat ini bisa dihubungkan dengan monitor menggunakan VESA Mount dan telah dilengkapi modul Wi-Fi / BT 802.11ac supaya bisa lebih mudah terkoneksi ke internet tanpa kabel.

“Pengguna bisa juga menggunakan HDMI dan D-SUB untuk memasang dual monitor, atau bahkan menggunakan aplikasi remote desktop untuk stream data konten dari Liva XE,” jelas Aris Subagio, Product Manager ECS pada acara peluncuran jajaran produk Liva terbaru di Jakarta.

Jeroan Liva XE diisi prosesor Intel Braswell, memori 2GB dan ruang penyimpanan eMMC dengan pilihan kapasitas 32GB atau 64GB. Kalau ruang penyimpananannya terasa kurang pengguna bisa menambahkan kapasitas serta performa yang lebih cepat dengan memasang M.2 SSD.

Liva ZE dan Liva XE sama-sama dilengkapi dengan desain fan less, memungkinkan pengguna mendapatkan performa dan ketenangan yang mereka inginkan. Kedua komputer mini ini hanya memerlukan daya yang sangat kecil, 7 watt untuk Liva XE dan 8,7 watt untuk Liva ZE.

Sementara Liva ZE didukung prosesor Intel Apollo Lake serta memori dual channel. Liva ZE dapat mendekode konten HEVC H.265 atau VP9 dan kemudian menghasilkan video UHD 4K dengan mudah.

Wieke Widianty, Marketing Communication ECS mengungkapkan bahwa sekolah, industri perbankan dan pelayanan publik menjadi target utama pemasaran dari keluarga Liva. “Biasanya buat antrian, digital display dan proses belajar dan ujian di sekolah bisa pakai Liva,” klaim Wieke.

Liva XE sudah dipasarkan secara online maupun online dengan harga 2/32 dibanderol dengan harga Rp 2,2 juta dan LIVA XE 2/64 Rp. 2,4 juta. Sedangkan harga Liva ZE belum tersedia karena masih dalam tahap persiapan pemasaran.

Baca juga :
USB 3.2 Menawarkan Kecepatan Dua Kali Lipat
Psst.. Ada Kabel USB-C untuk iPhone Generasi Mendatang
Notebook Premium Acer Kini Hanya Pakai USB Type-C, Kenapa?

 

loading...