Konsumsi Berita Online Naik 61%, Indonesia Darurat Berita!

Ilustrasi pengguna gadget (source: pond5.com)

Technologue.id, Jakarta – Sebuah laporan dari UCWeb yang baru redaksi terima ternyata cukup mencengangkan. Dari pantauan mereka, Indonesia di tahun 2016 mengalami peningkatan konsumsi konten digital sebesar 61 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Jumlah ini bahkan mencapai titik tertinggi di bulan Desember lalu. Salah satu produk UCWeb berupa distributor konten berita, UC News, traffic-nya meningkat enam kali lebih tinggi daripada empat bulan sebelumnya.

Ini menjadi bukti nyata bahwa internet telah menjelma sebagai sumber utama untuk mendapatkan berita bagi masyarakat Indonesia setelah televisi sekaligus tantangan bagi para penyedia konten berita untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus naik.

Sayangnya, masih ada ketimpangan konsumen berita online di kalangan masyarakat sendiri. Dari catatan UCWeb (17/01/17), konsumen berita daring sebagian besar berdomisili di Jakarta (55 persen). Sementara yang menyusul di posisi kedua dan ketiga adalah Jawa Timur (19 persen) dan Jawa Barat (11 persen).

Ketimpangan pun terlihat dari jenis kelamin konsumen berita daring. Pria lebih suka mengakses berita dibandingkan wanita dengan rasio 4:1. Sedangkan kalau ditinjau dari kelompok usia, usia 19 sampai 25 tahun dan kelompok umur 31 ke atas mendominasi aktivitas konsumsi konten berita online, dengan populasi hampir 70% dari total konsumen konten digital.

 

Baca juga:

Habib Rizieq Mau Ambil Alih Twitter, Memang Bisa?

Semoga Anda Tidak Termasuk Golongan Orang Konyol Ini

Tak Mau Didenda Miliaran Rupiah, Facebook Uji Fitur Anti-Hoax