Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kosmonot Rusia Pecahkan Rekor Berada di ISS Selama 878 Hari
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Seorang kosmonot Rusia baru-baru ini mencetak rekor baru untuk waktu terlama yang dihabiskan di luar angkasa. Oleg Kononenko pada Minggu telah menghabiskan lebih dari 878 hari di orbit (ISS) atau hampir 2,5 tahun.

Kononenko (59 tahun) merebut rekor tersebut dari rekan senegaranya Gennady Padalka, yang pensiun pada 2017 setelah lima perjalanan ke luar angkasa. Kononenko saat ini berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sekitar 250 mil di atas Bumi.

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) seperti yang digambarkan dari SpaceX Crew Dragon selama penerbangan November 2021. Foto: NASA

Misi terbaru Kononenko, yang dimulai pada September tahun lalu, akan kembali ke Bumi dalam waktu tujuh bulan, dengan rekornya mencapai 1.110 hari di orbit. Terkait rekornya ini, Kononenko setidaknya telah menjalani sedikitnya lima misi ke ISS.

“Saya terbang ke luar angkasa untuk melakukan apa yang saya sukai, bukan untuk mencetak rekor,” kata kosmonaut yang pertama kali terbang ke luar angkasa pada tahun 2008, kepada kantor berita Rusia Tass. “Saya telah memimpikan dan bercita-cita menjadi kosmonot sejak saya masih kecil," katanya.

Baca Juga:
Helikopter Mars NASA Ingenuity Berhenti Beroperasi Setelah 72 Kali Penerbangan

Kononenko menambahkan, “Ketertarikan itu kesempatan untuk terbang ke luar angkasa, untuk tinggal dan bekerja di orbit, memotivasi saya untuk terus terbang. Saya bangga dengan semua pencapaian saya, namun saya lebih bangga lagi karena rekor total lama tinggal manusia di luar angkasa masih dipegang oleh seorang kosmonot Rusia".

Dia mengatakan bahwa panggilan video dan pesan memungkinkan dia untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman di Bumi. Ia juga selalu memikirkan apa yang paling dia rindukan setiap kali dia kembali ke Bumi.

SHARE:

Jobstreet Manfaatkan Teknologi AI Bantu Aktivitas Perekrutan Pencari dan Pemberi Kerja

Jalani 5 Tahun, Kolaborasi Evos dan Axis Dorong Tumbuhnya Ekosistem Esports