Technologue.id, Jakarta – Tahun 2017 sepertinya memiliki berkah tersendiri bagi salah satu perusahaan penyedia perangkat networking dan aksesoris, Tp-Link. Pasalnya,  penjualan produk-produknya pada 2017 naik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh Country Director Tp-Link Indonesia, Wilson Lu dalam acara buka bersama media.

“Dibandingkan kuartal pertama tahun lalu, penjualan pada kuartal pertama tahun 2017 meningkat secara signifikan. Dimana smarthome sales revenue secara global meningkat 41 persen” ujar Merza saat ditemui di Restaurant Tengah, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Adanya pertumbuhan penjualan diakuinya karena kebutuhan masyarakat termasuk di Indonesia akan internet serta dukungan perangkat yang mendukung akses jaringan cepat untuk di rumah maupun di lingkup bisnis kecil dan menengah.

“Hal ini dikenal dengan Internet of Things (IoT) dan IoT sekarang tengah tren,” seloroh Lu.

Seiring dengan itu, peningkatan penjualan tersebut didorong berkat Tp-Link yang kerap berinovasi lewat perangkat teknologi yang dapat menjadi solusi jaringan internet pada konsumen rumahan maupun lingkup bisnis kecil dan menengah. Beberapa produk yang telah dirilis Tp-Link, seperti Wireless Router dan Easy Smart Switch seri TL-WR840N dan TL-SG1024DE merupakan rangkaian produk yang mampu terjual cukup tinggi. Dimana Wireless router TL-WR840N dengan kecepatan Wi-Fi hingga 300Mbps telah berhasil terjual sebanyak 30.000 unit. Sementara Easy Smart Switch TL-SG1024DE dibeli hingga 100.000 unit.

“Untuk saat ini, 80 persen produk smarthome kami banyak dijual di pasar Amerika Utara dan Eropa,” ungkapnya.

Namun kedepannya, mulai tahun ini Lu yakin kalau vendor asal Tiongkok tersebut bisa masuk pasar Asia pasific. Terutama Indonesia diharapkan bakal bisa menjadi satu dari pasar terbesar produk smarthome Tp-Link.

Sekadar info, di Indonesia sendiri Tp-Link sudah mulai memasarkan produk IoT lainnya, yakni Wi-Fi Smart Plug HS-100. Colokan Pintar ini merupakan perangkat yang dapat tersambung Wi-Fi sehingga dapat diakses dimana dan kapan saja  menggunakan aplikasi Kasa dengan mengunduh di perangkat Android serta iOS.