Kurangi Polusi, Ilmuwan Ubah Karbon Dioksida Jadi Bahan Bakar Jet

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Baru-baru ini, ilmuwan dari Universitas Oxford, Inggris, telah membuat zat yang dapat mengubah karbon dioksida atau CO2 menjadi bahan bakar jet.

Dengan metode ini, pesawat terbang konvensional akan memiliki emisi nol bersih. Sehingga bukan tidak mungkin dapat mengurangi jejak karbon dari perjalanan udara.

Diketahui, jejak karbon industri perjalanan udara saat ini menyumbang 12 persen dari semua emisi CO2 yang terkait dengan transportasi.

Baca Juga:
Para Ilmuwan Gunakan AI untuk Ubah Kerja Otak jadi Teks

Percobaan ini dilakukan di laboratorium mereka menggunakan katalis berbasis besi baru. Peneliti Senior di Departemen Kimia Oxford, Xiao, mengatakan proses ini dapat membantu meringankan perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

“Dengan menggunakan metode pembakaran organik, kami dapat menambahkan panas ke asam sitrat, hidrogen dan katalis yang terbuat dari besi, mangan dan kalium untuk mengubah CO2 menjadi bahan bakar cair yang mampu menggerakkan pesawat jet,” ujar Xiao, seperti dikutip dari Engadget (28/12/2020).

Baca Juga:
China Lakukan Misi Pengambilan Material Bulan

“Hal ini menghasilkan cairan yang akan menjadi bahan bakar jet. Tetapi mereka hanya mampu menghasilkan beberapa gram zat tersebut,” kata dia.

Pendekatan ini tidak mahal dan tidak rumit karena menggunakan bahan biasa. Bahkan diklaim lebih murah daripada proses yang digunakan untuk mengubah hidrogen dan air menjadi bahan bakar.

- Advertisement -

Latest News

Sennheiser Jual Divisi Consumer Audio

Technologue.id, Jakarta - Produsen audio asal Jerman, Sennheiser, telah menjual divisi Consumer Electronics-nya akibat kesulitan bersaing di ranah consumer audio. Perusahaan yang...

Gangguan Layanan Telekomunikasi Jayapura Pulih Bertahap

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi di Jayapura berlangsung bertahap.

Asus Luncurkan Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip

Technologue.id, Jakarta - Asus resmi merilis generasi smartphone flagship terbarunya yakni Zenfone 8 dalam acara yang dihelat virtual, Kamis (13/5/2021).

Tips Tetap Stylish Sambut Lebaran Virtual

Technologue.id, Jakarta - Antusiasme masyarakat untuk tetap tampil bergaya dalam menyambut Lebaran tetap meningkat walau masih dalam situasi pandemi.

Lebaran, THR Ramai Dicuitkan Netizen

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1442 jatuh pada hari ini, Kamis (13/5/2021). Seperti biasa, tradisi berbagi Tunjangan Hari Raya (THR)...

Related Stories