Technologue.id, Jakarta – Indonesia menjadi salah satu negara yang akrab dengan bencana alam, salah satunya adalah banjir. Atas dasar ini, terciptalah sebuah aplikasi berbasis Android yang diberi nama L-Flood.

Adalah R. Surahutomo Aziz Pradana (23 tahun) atau yang akrab disapa dengan Dana, bersama teman-temannya di Developer Student Clubs Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (DSC PENS) mengembangkan aplikasi yang diberi nama L-Flood. Aplikasi ini merupakan sistem informasi peringatan dan tanggap darurat bencana banjir di Bojonegoro.

Pada aplikasi L-Flood terdapat beberapa fitur utama, yaitu: Alarm pemberitahuan akan terjadinya banjir dengan 3 skala prioritas bahaya yang akan disampaikan langsung ke seluruh handphone penduduk di Bojonegoro. Melihat lokasi dari berbagai posko pengungsian serta panduan rute menuju posko dengan cepat dan aman. Melihat status dari masing-masing posko, seperti kapasitas, kuota penduduk saat itu, jarak, stok makanan dan minuman.

DSC PENS sebagai sarana Dana dan teman-temannya belajar tentang dunia developer dan mengembangkan L-Flood telah dibentuk sejak Januari 2018. Dana dan timnya membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 bulan untuk mengembangkan aplikasi L-Flood hingga akhirnya dapat dipresentasikan kepada warga di Bojonegoro.

- Advertisement -

Tujuan pengembangan aplikasi ini adalah untuk membantu para penduduk Bojonegoro dalam menghadapi bencana banjir yang sering terjadi, mengingat kota tersebut dekat dengan salah satu sungai terbesar, yaitu Sungai Bengawan Solo.

Dana mulai tertarik dengan dunia developer sejak masuk ke perguruan tinggi di jurusan Teknik Informatika di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Kegemarannya terhadap komputer dan game mengarahkan Dana menyukai dunia programming dan developer. Berbagai produk yang pernah Dana buat diantaranya 2D/3D games, aplikasi Android, aplikasi IOS dan web, maupun aplikasi berbasis augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Beberapa kegiatan yang diikuti Dana adalah Google DSC PENS, Freelance Single Developer, perlombaan pengembangan aplikasi, serta sebagai fullstack developer di 2 startup di Surabaya.

Aplikasi L-Food hingga saat ini masih terus dikembangkan oleh Dana dan timnya namun sudah dapat diunduh di Google Play Store sejak 1 April 2019.