Lacak Virus Corona, Israel Manfaatkan Data Selular

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Masing-masing negara punya cara sendiri untuk menanggulangi wabah virus Corona, termasuk Israel. Untuk memudahkan pelacakan virus tersebut dengan cepat, pemerintah Israel mencoba untuk memanfaatkan data selular yang bisa diakses dengan lebih cepat dan mudah.

Mengutip dari TheVerge (17/03/20), perdana menteri Israel, Benjamin Netanyahu sudah memberikan kewenangan kepada agensi keamanan internal setempat guna memanfaatkan data lokasi dari selular untuk melacak penyebaran virus Corona. Melalui data tersebut, secara individual akan terlihat siapa saja yang sudah melakukan tes dan hasilnya positif Corona.

Baca Juga:
Makin Marak, Kominfo Identifikasi Ratusan Konten Hoax Terkait COVID-19

Dengan begitu, agensi tersebut diperbolehkan menggunakan data dari sejumlah operator telekomunikasi di Israel sejak tahun 2002 dalam rentan waktu 30 hari. Dan hal itu diharapkan bisa membuat pemerintah mengirimkan pesan bagi para penderita Corona untuk menyegerakan diri agar dikarantina sehingga proses isolasi bisa dilakukan secepatnya.

Sayangnya, hingga saat ini tidak dijelaskan sebenarnya data apa saja selain lokasi yang dikumpulkan oleh pemerintahan Israel. Hal ini dilakukan guna menjaga privasi dari warga Israel yang positif menderita virus Corona.

“Kita harus menjaga keseimbangan antara hak individu dan kebutuhan umum, dan kita akan melakukannya”, kata Netanyahu saat berbicara di kantor Perdana Menteri di Yerusalem.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories