Technologue.id, Jakarta – Kendati Xiaomi sudah cukup sering dipanggil ‘Apple-nya China’, hal ini ternyata tak membuat pabrik dari Beijing itu bebas tuduhan peniruan lagi. Yang terbaru, Xiaomi dituduh meng-copy desain speaker nirkabel milik Jawbone. Tak tanggung-tanggung, Chief Creative Officer Jawbone sendiri yang memproklamirkannya.

Petinggi Jawbone tuding Xiaomi perusahaan peniru

“Menyedihkan sekali Anda, Xiaomi, meniru persis Jawbone Mini Jambox. Menyedihkan,” begitu cuit Yves Behar di akun Twitter-nya (20/8/16).

Produk Xiaomi yang dituding menjiplak Mini Jambox itu adalah Mi Square Box Bluetooth Speaker. Secara kasat, keduanya memang begitu mirip, baik dari segi desain maupun fungsinya. Penempatan tombol dan motif di bagian depan keduanya saja yang tampak berbeda.

Jawbone Mini Jambox vs Xiaomi Mi Square Box
Jawbone Mini Jambox vs Xiaomi Mi Square Box
- Advertisement -

Tentunya, tak bisa begitu saja melempar tuduhan bahwa Xiaomi adalah perusahaan peniru, meski selama ini banyak anggapan yang mengarah ke sana. Sebelumnya, smartphone mereka Mi 4i diolok adalah duplikat dari iPhone. MIUI, UI yang mereka ciptakan sendiri untuk membalut OS Android yang dibekalkan pada ponselnya, juga dituding mirip iOS. Belum lagi Mi Notebook Air, laptop terbaru mereka, yang dari nama dan desainnya saja tak jauh beda dengan MacBook Air.

Yang terbaru, perusahaan pimpinan Lei Jun tersebut turut mengikuti jejak Samsung, Apple, dan Google. Mereka mengenalkan platform pembayaran berbasis mobile-nya, Mi Pay.

 

Baca juga:

XIAOMI REDMI BUKTIKAN SEBAGAI SERI SMARTPHONE SUKSES

PUNYA 10 OTAK, INI SPESIFIKASI EDAN XIAOMI REDMI NOTE 4

TUMBUH PESAT, OPPO DUDUKI URUTAN KETIGA PASAR SMARTPHONE INDONESIA

Share this