Technologue.id, Jakarta – Dengan kian populernya platform user-generated video content semacam YouTube atau Vidio.com yang asli Indonesia, vlog pun menjadi fenomena. Mulai dari publik figur, influencer, sampai netizen secara umum berlomba-lomba menghasilkan video dengan konten yang beragam.

Pastinya, Anda sudah biasa kan melihat satu atau sekelompok orang merekam aktivitas sehari-harinya, mengulas game, hingga melakukan tutorial memasak atau yoga?

Sebenarnya, apa itu vlog? Ditinjau dari definisinya, vlog adalah kependekan dari video blog. Akan tetapi dalam terapannya, vlog begitu luas.

Vlogger – pihak yang memproduksi vlog – diharuskan mempunyai bermacam-macam skill, sebut saja mengonsep video, mengambil gambar, hingga melakukan editing. Kendati produk yang dihasilkan berbeda dengan aktivitas blogging, vlog juga membutuhkan proses yang sama. Contohnya dalam pemilihan topik sampai kemampuan bercerita atau menjabarkan sesuatu.

- Advertisement -

Nantinya, manfaat yang diterima para vlogger tidak melulu soal popularitas atau duit. Namun, tak sedikit juga yang mengejar kenikmatan dalam berkarya serta menghibur, menginspirasi, plus berbagi informasi pada orang-orang dan seluruh dunia.

Jadi, sudah siapkah Anda terjun ke bidang vlogging?

Share this