Technologue.id, Jakarta – Perangkat teknologi dengan beragam aplikasi didalamnya merupakan jendela informasi di era moderen sekarang ini. Sayangnya, berbagai konten yang tersaji pada gadget yang kurang baik, tak jarang dikonsumsi oleh anak-anak dibawah umur. Hal tersebut lantas seakan menjadi ‘pekerjaan rumah’ bagi para developer aplikasi supaya selalu menyajikan tontonan positif bagi para konsumen mereka. Termasuk diantaranya aplikasi layanan streaming film dan serial televisi di Indonesia. Sebut saja, diantaranya Youtube, Netflix, Hooq, hingga iFlix.

iFlix yang menjadi layanan TV internet paling baru merambah pasar Indonesia ternyata memanfaatkan fenomena tersebut dengan menyediakan fitur bimbingan orang tua (parental control) didalamnya. Pada aplikasi yang menyajikan 20.000 jam tayangan serial TV dari Amerika Serikat, Korea, dan juga Indonesia ini memungkinkan supaya para orang tua dapat mengategorikan setiap konten yang ditonton sesuai dengan usia anak-anak mereka.

Lalu, bagaimana langkah-langkah mengaktifkan fitur Parantal Control iFlix pada perangkat teknologi Anda? (Tentunya setelah Anda mendaftar terlebih dahulu akun iFlix).

iFlix parental control 1

- Advertisement -

Pertama-tama, sila buka aplikasi iFlix. Setelah laman utama muncul, Anda bisa mengetuk pada pilihan Menu yang tertera di pojok kiri atas layar.

iFlix parental control 2.1

 

Kemudian, apabila Anda melihat nama akun iFlix Anda, sila tekan pada ikon disebelahnya hingga muncul deretan menu baru dibawahnya. Nah, diantara menu Playlist, Watch History, My Account, dan Sign Out, Anda dapat memilih menu My Account.

Ketika itu lantas muncul laman Profile akun iFlix Anda. Menelaah ke sisi bagian bawah Anda akan menemukan kolom, Set parental control atau Pengaturan Orang Tua dalam pengaturan bahasa Indonesia. Lalu ketuk pada pilihan tersebut.

iFlix parental control 2

Jika sudah masuk ke laman Kendali Orang Tua, Anda bisa langsung memasukkan pin pada kolom yang kosong. Ketika coba membuat, tim Technologue.id ternyata bisa membuat pin hingga sebanyak 12 karakter yang menggabungkan antara huruf dan angka.

iFlix parental control 5

Kemudian iFlix akan meminta Anda untuk mengonfirmasi keabsahan pin, dan sila tekan Save pin.

iFlix parental control 3iFlix parental control 4

Langkah berikutnya, Anda dipersilakan untuk memilih sendiri aturan batas apa saja yang boleh dan tidak ditonton anak-anak di iFlix. Dengan pilihan, seperti Adik kecil (Little Kids) berarti untuk semua umur termasuk usia 2 hingga 6 tahun, Anak-anak (Older Kids) yakni untuk anak usia 7 tahun keatas, Remaja (Teens) yang artinya tontonan butuh perhatian dari orang tua, dan Dewasa (Adults) itu memiliki keterbatasan usia alias mengandung materi dewasa. Sebagai catatan, pilihan rating dewasa ini sekaligus men- OFF fitur kendali orang tua.

iFlix parental control 6

Sebelum berakhir, nantinya pada laman akan kembali ke Profile. Disitu Anda akan melihat informasi soal berapa Parental level pada akun iFLix Anda sama dengan yang dipilih tadi. Sudah siap menonton dengan aman, para orang tua? Selamat mencoba!

Share this