Laptop Bakal Bisa Punya Kartu Grafis Sekelas Desktop PC

Technologue.id, Jakarta – Performa kartu grafis laptop sejauh ini belum bisa menandingi desktop PC. Pasalnya, ruang yang jauh lebih kecil pada laptop membuat para produsen kartu grafis tidak bisa berbuat banyak guna meningkatkan performanya, namun Nvidia punya solusinya.

Mengutip dari StudioDaily (01/08/17), Nvidia baru saja memperkenalkan sebuah kartu grafis eksternal yang bisa digunakan untuk berbagai laptop. Hal tersebut diutarakan oleh pihak Nvidia melalui ajang tahunan SIGGRAPH 2017 di Los Angeles.

Tak tanggung-tanggung, di dalam kartu grafis ekternal tersebut, Nvidia menyematkan sebuah kartu grafis kelas atas yakni, Titan Xp atau Quadro terbaru. Agar bisa terkoneksi dengan laptop, kartu grafis ekternal tersebut memanfaatkan konektor Thunderbolt 3.

Dengan menggunakan kartu grafis eksternal tersebut, pengguna bisa memainkan game, mengedit video, maupun menciptakan konten VR, bahkan mengembangkan kecerdasan buatan tanpa harus menggunakan laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Pasalnya, semua beban kerjanya bisa dilimpahkan ke kartu grafis eksternal.

Hingga saat ini, belum jelas ketersediaan maupun harga dari perangkat tersebut. Diperkirakan, dalam beberapa waktu ke depan, varian Titan Xp maupun Quadro sudah mulai tersedia di pasaran. Namun mengingat keduanya merupakan kartu grafis kelas enthusiast, bisa saja harganya akan di atas Rp10 juta.

 

Baca juga:

Laptop 2in1 Terkecil di Dunia dari Dell Mendarat di Indonesia

Dell Gunakan Sampah Plastik Laut Pada Kemasan Laptop Terbarunya

Acer Swift 3, Laptop Pertama yang Gunakan Prosesor Intel Coffee Lake

loading...