Larangan WeChat Bisa Bikin Bisnis iPhone Anjlok

Technologue.id, Jakarta – Perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang akan memblokir layanan WeChat di Amerika Serikat dapat berimbas buruk kepada hampir seluruh industri teknologi, termasuk Apple di China.

Larangan Trump tak hanya memaksa Apple untuk menghapus WeChat dari App Store-nya, namun juga dapat mengubah cara Apple membangun dan menjual produk baru di masa depan.

Baca Juga:
Presiden AS Putuskan Blokir WeChat

Menurut penuturan analis tersohor, Ming-Chi Kuo, skenario terburuk yang akan dialami Apple bila aturan ini diberlakukan yakni akan ada penurunan penjualan iPhone sebesar 25% -30%, secara global, jika aplikasi WeChat dihapus dari App Store di seluruh dunia.

Bukan hanya iPhone, Kuo juga memperkirakan adanya penurunan 15% hingga 25% dalam penjualan produk Apple lainnya seperti AirPods, iPad, Apple Watch, dan komputer Mac.

“Kami memperkirakan bahwa pengiriman iPhone global akan menurun 25% -30%. Pengiriman global produk perangkat keras Apple lainnya, termasuk AirPods, iPad, Apple Watch, dan Mac, akan turun 15% -25%,” ujarnya sebagaimana dilansir dari GSMArena (10/8/2020).

Tidak dipungkiri, Apple memiliki basis pelanggan di China yang signifikan. Menggunakan iPhone tanpa WeChat secara efektif bukanlah sebuah ponsel bagi ratusan juta pengguna di China yang sangat mengandalkan layanan tersebut. Jika Apple tidak dapat menyediakan WeChat di iPhone karena larangan Trump, maka bisnisnya di China hampir pasti akan mengalami penurunan.

Baca Juga:
Akuisisi TikTok Belum Deal, Trump Beri Waktu 45 Hari

Seperti diketahui, WeChat mengakomodasi banyak layanan seperti pemesanan taksi, melakukan pembayaran, namun layanan andalannya adalah platform pengiriman pesan. Layanan pesan ini menjadi kunci bagi warga China.

Sebab, warga China tidak mungkin beralih ke platform pengiriman pesan yang berbasis di AS. Sebab, sebelumnya China telah memblokir media sosial dari barat seperti Facebook Messenger, Instagram, Google, dan Snapchat.

Pasalnya, pengguna Apple tak bisa sembarangan memasang aplikasi dari pihak ketiga. Berbeda dengan Android yang bisa memasang aplikasi dari toko lain jika diblokir oleh Play Store.

Recent Articles

Tiongkok Dominasi Penjualan Smartphone 5G Dunia

Technologue.id, Jakarta - Beragamnya merek dan varian smartphone asal Tiongkok membuatnya masih terus menguasai pangsa pasar bisnis terssebut di seluruh dunia. Bahkan,...

Tak Kunjung Hadir di Mata Najwa, Menkes Terawan Dibully Netizen

Technologue.id, Jakarta - Tidak hadirnya Menkes Terawan di acara Mata Najwa memantik reaksi netizen di media sosial Twitter. Hingga berita ini dimuat...

Jelang Peluncuran, Harga Google Pixel 5 Bocor

Technologue.id, Jakarta - Google baru saja mengungkap harga perangkat Pixel 5. Padahal, perangkat tersebut masih menunggu waktu untuk diluncurkan pada 30 September...

Perkenalkan, Galaxy A72 Smartphone 5 Kamera Pertama Samsung

Technologue.id, Jakarta - Perkembangan fitur kamera untuk smartphone beberapa tahun ini meningkat cukup pesat. Dimulai dengan kamera ganda, kini jumlah kamera utamanya...

Kode Pemrograman Windows XP Bocor!

Technologue.id, Jakarta - Windows XP merupakan salah satu sistem operasi tersukses yang pernah dibuat oleh Microsoft. Meskipun sudah banyak ditinggalkan para penggunanya...

Related Stories