Larangan WeChat Bisa Bikin Bisnis iPhone Anjlok

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang akan memblokir layanan WeChat di Amerika Serikat dapat berimbas buruk kepada hampir seluruh industri teknologi, termasuk Apple di China.

Larangan Trump tak hanya memaksa Apple untuk menghapus WeChat dari App Store-nya, namun juga dapat mengubah cara Apple membangun dan menjual produk baru di masa depan.

Baca Juga:
Presiden AS Putuskan Blokir WeChat

Menurut penuturan analis tersohor, Ming-Chi Kuo, skenario terburuk yang akan dialami Apple bila aturan ini diberlakukan yakni akan ada penurunan penjualan iPhone sebesar 25% -30%, secara global, jika aplikasi WeChat dihapus dari App Store di seluruh dunia.

Bukan hanya iPhone, Kuo juga memperkirakan adanya penurunan 15% hingga 25% dalam penjualan produk Apple lainnya seperti AirPods, iPad, Apple Watch, dan komputer Mac.

“Kami memperkirakan bahwa pengiriman iPhone global akan menurun 25% -30%. Pengiriman global produk perangkat keras Apple lainnya, termasuk AirPods, iPad, Apple Watch, dan Mac, akan turun 15% -25%,” ujarnya sebagaimana dilansir dari GSMArena (10/8/2020).

Tidak dipungkiri, Apple memiliki basis pelanggan di China yang signifikan. Menggunakan iPhone tanpa WeChat secara efektif bukanlah sebuah ponsel bagi ratusan juta pengguna di China yang sangat mengandalkan layanan tersebut. Jika Apple tidak dapat menyediakan WeChat di iPhone karena larangan Trump, maka bisnisnya di China hampir pasti akan mengalami penurunan.

Baca Juga:
Akuisisi TikTok Belum Deal, Trump Beri Waktu 45 Hari

Seperti diketahui, WeChat mengakomodasi banyak layanan seperti pemesanan taksi, melakukan pembayaran, namun layanan andalannya adalah platform pengiriman pesan. Layanan pesan ini menjadi kunci bagi warga China.

Sebab, warga China tidak mungkin beralih ke platform pengiriman pesan yang berbasis di AS. Sebab, sebelumnya China telah memblokir media sosial dari barat seperti Facebook Messenger, Instagram, Google, dan Snapchat.

Pasalnya, pengguna Apple tak bisa sembarangan memasang aplikasi dari pihak ketiga. Berbeda dengan Android yang bisa memasang aplikasi dari toko lain jika diblokir oleh Play Store.

- Advertisement -

Latest News

#SavePalestine Bergema Imbas Serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa

Technologue.id, Jakarta - Warganet dari seluruh dunia mengecam serangan udara mematikan Israel di jalur Gaza dengan mencuitkan tagar #SavePalestine.

Resident Evil: Village Raup 100.000 Gamer dalam 2 Hari

Technologue.id, Jakarta - Resident Evil: Village berhasil memecahkan rekor baru di Steam. Game besutan Capcom tersebut telah meraih pemain aktif hingga lebih...

PlayStation 5 Masih Langka Hingga Tahun Depan

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 akan tetap langka hingga tahun 2022. Hal ini disampaikan langsung oleh Chief Financial Officer (CFO) Sony, Hiroki...

Call of Duty Mobile Bikin Event Berhadiah PlayStation 5

Technologue.id, Jakarta - Call of Duty: Mobile bikin event Nastar yang bakal hadir selama Bulan Ramadhan. Ada banyak hadiah yang disiapkan untuk...

5 Aplikasi Pembuat Kartu Ucapan Lebaran

Technologue.id, Jakarta - Idul Fitri 1442 H sebentar lagi. Sama seperti tahun sebelumnya, umat muslim masih merayakan hari yang suci ini di...

Related Stories