Technologue.id, Jakarta – Gojek meluncurkan inisiatif pengembangan komunitas Laris Manis untuk meningkatkan skala bisnis dan memperluas pasar bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan memanfaatkan teknologi.

Komitmen ini merupakan hasil kerja sama antara layanan kurir dan pengiriman Go-Send dan aplikasi keyboard online shop, Selly.

Baca Juga:
Gojek Berikan Wadah Bagi Mitra Driver untuk Kembangkan Keterampilan

Pengembangan komunitas Laris Manis akan dilakukan secara bertahap di 14 kota besar lain, yakni Bali, Medan, Manado, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Palembang, Makassar, Batam, Lampung, Bandung, Solo, Pontianak dan Malang, yang sebagian telah dijangkau Go-Send dan Selly.

Komunitas Laris Manis didukung penuh oleh program Gojek Wirausaha yang telah diluncurkan bulan Maret 2019 lalu. Tujuannya untuk memberikan pelatihan dan dasar-dasar pengetahuan dalam membangun bisnis agar para pelaku UMKM yang tergabung dalam komunitas bisa meningkatkan skala usahanya menggunakan layanan Go-Send hingga memetakan peluang serta mengatur keuangan bisnis yang sehat dengan keyboard Selly.

“Komunitas Laris Manis ini kami bentuk sebagai komitmen Go-Send bagi para social seller yang merupakan para pengusaha UMKM agar mereka mampu meningkatkan skala usaha melalui serangkaian pelatihan berbisnis baik secara online maupun tatap muka,” kata Junaidi, Head of Logistic Product Gojek

Sebagai catatan, McKinsey & Company merilis hasil riset, yang salah satu temuannya adalah total bisnis online di Indonesia telah meningkat hingga sekitar 4,5 juta pada 2017. Dari jumlah tersebut, sekitar 99 persen adalah pengusaha mikro dengan pendapatan kurang dari Rp300 juta tiap tahun dan 50 persen adalah bisnis online tanpa toko fisik.

Baca Juga:
Bos Gojek Didapuk Jadi Tokoh Teknologi Termuda Peraih Nikkei Asia Prize

Pelatihan yang didapatkan anggota komunitas Laris Manis mencakup aktivitas pengembangan bisnis sesuai dengan karakter anggota komunitas Laris Manis di masing-masing kota melalui tatap muka langsung hingga membuat WhatsApp Group di setiap kota untuk berbagi materi dan pengetahuan bisnis.

Sebagai permulaan, mereka memilih Jakarta sebagai lokasi untuk melakukan peresmian komunitas Laris Manis, karena melihat antusiasme yang sangat positif dari para pengusaha online di ibu kota.

“Ditambah saat ini, telah terdaftar lebih dari ratusan social seller yang secara resmi bergabung dalam komunitas Laris Manis di wilayah Jabodetabek. Ke depan, kami menargetkan ribuan UMKM di seluruh kota tujuan kami tahun ini,” ungkap Junaidi.