Technologue.id, Jakarta – Uber punya program menarik yang menjurus aneh untuk konsumennya di India. Kendati mereka adalah penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi, startup milik Travis Kalanick itu mempersilakan penggunanya untuk memesan tumpangan tanpa aplikasi khusus Uber.

Mengutip TheVerge (18/8/16), caranya yaitu dengan mengakses dial.uber.com dan mendaftarkan atau login dengan nomor telepon masing-masing user. Lalu, akan muncul perkiraan tarif perjalanan serta request tumpangan ke driver. Nantinya, pembayaran bisa dilunasi secara cash, tanpa opsi penggunaan e-money.

Strategi ini, menurut Uber, bertujuan untuk memperluas layanannya ke masyarakat menengah ke bawah di empat kota di negeri Taj Mahal itu. Kelompok konsumen yang disasar Uber tersebut kebanyakan tinggal di kawasan dengan koneksi internet yang buruk.

Fitur baru Uber untuk konsumennya di India (source: Uber)
Fitur baru Uber untuk konsumennya di India (source: Uber)

Selain cara ini, Uber turut menyediakan opsi pemesanan untuk orang lain. Fitur ‘request a ride for others’ tersebut berguna untuk memesankan kerabat atau teman yang tidak memiliki atau tidak mampu mengoperasikan smartphone. Setelah menentukan lokasi penjemputan, si perantara ini diharuskan untuk memberikan nomor telepon calon penumpang yang ia hubungkan. Kemudian, calon penumpang tadi akan dikirimi sejumlah informasi driver Uber yang siap menjemputnya.

- Advertisement -

Kira-kira, fitur semacam ini bakal diterapkan di Indonesia juga tidak?

 

Baca juga:

OKNUM UBER CURANG, TARIK RP 595 RIBU DARI SEHARUSNYA RP 18 RIBU

MOBIL TANPA SUPIR BAKALAN MENGASPAL DI HELSINKI

FOTO INSTAGRAM BISA DIPAKAI DETEKSI STRES