Layanan VoLTE XL Axiata Siap Mengudara

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – XL Axiata menegaskan siap untuk memberikan layanan digital terbaru, Voice over LTE (VoLTE). Dikatakan bahwa layanan ini sudah dapat dinikmati di wilayah Jakarta serta Medan dan akan terus diperluas ke area lain seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya.

Dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Secara bertahap, hingga akhir tahun 2020 ini layanan VoLTE XL Axiata akan ada di tiga belas kota yang kemudian akan terus kami perluas. Tidak hanya itu, jaringan yang dihadirkan dipastikan memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan.”

Baca Juga:

XL Home Kini Hadir di Jawa Timur

Untuk kesiapan jaringan pendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata menyebut telah bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core. Optimasi jaringan VoLTE juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan.

“Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, optimasi jaringan dilakukan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE,” tambahnya.

VoLTE sendiri merupakan layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE, voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih dan kecepatan sambung yang dihadirkan juga sangat singkat.

Baca Juga:

XL Axiata Cetak Rekor Live Streaming 17 Jam Non-Stop

Selain itu, penggunaan jaringan internet yang biasanya menurun ketika sedang melakukan panggilan telepon akan bisa diatasi. Jaringan internet akan tetap berada di 4G plus sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan multitasking.

Pada tahap awal ini, layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan. Ke depannya, XL mengatakan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories