Technologue.id, Jakarta – Untuk menjawab tingginya kebutuhan konsumen akan pasar online yang terus tumbuh, Lazada Indonesia lantas menggelar kampanye khusus untuk para pengusaha kecil dan menengah (UKM) lokal. Kegiatan kolaboratif ini diberi tajuk, “Buatan Indonesia: Dari Indonesia untuk Dunia”.

Ajang ini merupakan komitmen Lazada bagi para pelaku UKM di Indonesia dengan memberikan akses terhadap lebih banyak konsumen baik di dalam maupun luar negeri. Mereka percaya bahwa dengan mendukung pertumbuuhan dan kualitas pelaku UKM melalui e-commerce dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia dan meningkatkan kualitas industry e-commerce tanah air.

Kampanye Buatan Indonesia saya targetkan dapat membantu pertumbuhan para pengusaha UKM dan membuat mereka makin populer. Sebagai jembatan antara penjual dan konsumennya, apabila pengusaha tersebut tidak tumbuh, maka Lazada pun takkan bertumbuh juga. Maka saya senang ketika ada beberapa pengusaha UKM di Lazada yang kemudian hasil penjualannya dapat menghasilkan sebuah rumah maupun mobil untuk mereka,” ujar Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia.

Lalu, bagi para pengusaha UKM yang telah menjadi partner, Lazada Indonesia turut mendapatkan komisi atau men-charge para pengusaha UKM tersebut tergantung pada masing-masing kategori produk.

- Advertisement -

“Nantinya pada pengusaha UKM dapat menjual produk dalam bentuk apa saja, mulai dari tas, sepatu, lemari buku, kopi, sampai jins. Kami hanya menyediakan platform sesuai apa yang konsumen butuhkan. Namun yang pasti seluruh variasi produk yang ditawarkan haruslah yang legal, atau mendapat lisensi dari pemerintah Indonesia,” tambah pria bertubuh tinggi semampai itu.

Menjual produk lokal di Lazada Malaysia

Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi awal proyek pertama untuk para pengusaha UKM lokal dapat menjual barang produksi dari Indonesia ke luar negeri melalui Lazada Malaysia.

“Sejak awal saat kuliah saya mulai usaha menjual aksesoris kamera, namun bisnis yang kurang berkembang saya beralih ke jual sepatu produksi rumahan. Melalui Seller Center Lazada saya jadi lebih mudah mengelola stok dan order dari konsumen. Saat ini kami terpilih jadi salah satu seller yang bisa menjual produknya melalui Lazada Malaysia,” ujar Ihsan, pemilik brand Indo Camera Bag yang ikut berpartisipasi dan semenjak itu mampu menerima order hingga 1,500 pasang sepatu.

Kegiatan “Buatan Indonesia” akan diselenggarakan dalam rangka memperingati dirgahayu Indonesia yang ke-71. Dimana pada tanggal 12 hingga 17 Agustus 2016 Lazada Indonesia akan mempromosikan 12 penjual yang memproduksi produk mereka sendiri. Sementara lima produk yang dijual melalui Lazada Malaysia sudah dapat dibeli lewat online sejak 4 Agustus lalu.

BACA JUGA:

BERTEKAD BONEK, E-COMMERCE SURABAYA TANTANG LAZADA DAN TOKOPEDIA

TWITTER LUNCURKAN #BLUEROOM, INDONESIA JADI YANG PERTAMA DI ASIA TENGGARA

INDONESIA TINGKATKAN SEKTOR E-COMMERCE DENGAN SELANDIA BARU