Lebih dari 50 Persen Perusahaan Masih Gunakan Windows XP

Technologue.id, Jakarta – Microsoft sejatinya sudah menyatakan penghentian dukungan terhadap Windows XP sejak tahun 2014 silam. Namun nyatanya, hingga kini masih banyak perusahaan yang menggunakannya.

Sebuah lembaga riset, Spiceworks baru-baru ini merilis data tentang tingkat pengadopsian sistem operasi pada tahun 2017 ini. Dari data tersebut menunjukkan bahwa lebih dari setengahnya masih menggunakan Windows XP.

Setidaknya ada 52 persen perusahaan yang masih mengandalkan platform Windows XP. Bahkan, ada juga perusahaan yang tak mau meninggalkan Windows Vista. Namun porsinya tak begitu banyak, yakni hanya 9 persen.

Diketahui, Microsoft sendiri akan menghentikan dukungannya terhadap Windows Vista pada 11 April 2017 mendatang.

“Meskipun beberapa divisi IT tidak melakukan upgrade ke platform yang lebih baru lantaran masalah lamanya melakukan hal tersebut atau karena anggaran dana, IT profesional harusnya mengetahui bahwa menggunakan sistem operasi lawas memiliki risiko besar terhadap keamanan perusahaan”, kata Peter Tsai, Senior Technology Analyst Spiceworks yang dikutip dari NextPowerUp (03/04/17).

Di sisi lain, pangsa pasar secara keseluruhan dari sistem operasi desktop yang digunakan saat ini menunjukkan bahwa Windows 7 porsinya paling tinggi, yakni mencapai 69 persen. Disusul Windows XP 14 persen, dan Windows 10 sebesar 9 persen.

 

Baca juga:

Ini Saatnya Para Gamer Tinggalkan Windows XP

Windows 10 Creators Update Sudah Rampung

Aplikasi Berbayar di Windows 10 Kini Bisa Dicicipi Secara Gratis