Lecehkan Anak-anak, YouTube Hapus Video Lagu PewDiePie

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – YouTube menghapus salah satu video baru dari YouTuber PewDiePie karena dinilai mengandung muatan cyberbullying pada anak.

Mengutip dari TheVerge (19/2/2021), video berisi sebuah lagu pelecehan itu ditujukan pada saluran anak-anak populer, Cocomelon. Dalam video, pria bernama asli Felix Kjellberg itu menyerang konten Cocomelon dan mengolok anak-anak yang menonton.

Ia juga menggunakan frasa seperti “your audience is just a bunch of motherfucking virgins.” Tentu saja, frasa tersebut melanggar pedoman YouTube dalam menggunakan bahasa yang menyinggung atau vulgar dalam video yang menyertakan anak-anak.

Baca Juga:
Youtuber Li Zhi Pecah Rekor Follower Terbanyak

Meski video terlihat dibuat untuk anak-anak, namun tim YouTube menegaskan melalui Twitter kalau konten itu merugikan komunitas YouTube dengan terus-menerus menghasut permusuhan antara pembuat konten untuk keuntungan finansial. Selain itu, penghapusan juga sejalan dengan kebijakan YouTube yang berfokus pada pencegahan pelecehan antar kreator.

“Kebijakan kami melarang konten yang mengarah pada pola pelecehan berulang di dalam dan di luar platform. Setelah melakukan peninjauan, kami telah menghapus video yang dipermasalahkan karena melanggar kebijakan tersebut karena berdampak mendorong perilaku kasar penggemar,” kata juru bicara YouTube.

Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka mulai melihat peningkatan pelecehan terhadap Cocomelon setelah video PewDiePie diposting.

Baca Juga:
Youtuber Dapat “Surat Cinta”, Eiger Digeruduk Netizen

Ini bukan pertama kalinya bagi Kjellberg mengomentari sesuatu secara berlebihan. YouTuber yang sempat menyandang gelar nomor satu ini kerap kali kontroversi dengan opini yang diucapkan melalui video.

Pada 2018 lalu, ia merilis “Bitch Lasagna” selama perseteruan dengan studio T-Series India Bollywood. Saat itu, T-Series menyalip jumlah subscriber PewDiePie.

- Advertisement -

Latest News

Tokopedia START Summit 2021 Siap Digelar

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia kembali akan menggelar konferensi teknologi untuk kali kedua yakni Tokopedia START Summit 2021, pada Sabtu, 3 Juli mendatang....

Paruh Pertama 2021, DANA Catat Pertumbuhan Signifikan

Technologue.id, Jakarta - Dompet digital Dana mencatat pertumbuhan positif di paruh pertama 2021. Capaian ini menempatkan DANA sebagai perusahaan teknologi finansial dengan...

Menhub Apresiasi Inovasi Grab saat Pandemi

Technologue.id, Jakarta - Adaptasi yang dilakukan Grab di tengah pandemi mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi. Ia mengatakan bahwa...

Daftar Area yang Kedapatan Layanan 5G Indosat

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo resmi menghadirkan layanan 5G, Selasa (22/6/2021). Pada tahap awal ini, layanan tersedia di beberapa kota besar antara...

Instagram Music Meluncur di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Instagram akhirnya resmi merilis fitur stiker musik Instagram Stories ke Indonesia. Pengguna di Indonesia kini memiliki...

Related Stories