Technologue.id, Jakarta – Setelah beberapa waktu lalu memperkenalkan prototipenya, Lenovo akhirnya memamerkan laptop yang dapat dilipat layarnya, ThinkPad X1 Fold, di acara CES 2020, Las Vegas, Amerika Serikat. Produk teranyar tersebut disebut akan mulai tersedia tahun ini.

Dilansir dari TheVerge pada Kamis (9/1/2020), Lenovo ThinkPad X1 Fold tidak memiliki banyak perubahan dari prototipe yang dipamerkan sebelumnya. Menggunakan layar OLED seluas 13,3 inci dengan resolusi 2.048 x 1.536, dan memiliki aspek rasio 4:3 ketika dibentangkan.

Menggunakan layar besutan vendor asal Korea Selatan, LG, layar ThinkPad X1 Fold ini memiliki resolusi yang sama dengan iPad 9,7 inci. Ketika dibentangkan, laptop ini juga menyerupai tablet namun dengan ukuran yang lebih besar.

Baca Juga:
Sony Pamerkan Prototipe Mobil Listrik di CES 2020

Laptop ini menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro, yang sengaja dibuat sebagai solusi pengoperasian perangkat layar lipat seperti Surface Neo, yang masih belum diketahui peluncurannya. Dengan sistem operasi ini terdapat pengaturan yang memungkinkan tampilan layar penuh dan layar ganda.

Hadir dengan keyboard eksternal, Keyboard ini dapat ditempatkan di bagian layar perangkat ketika perangkat dalam kondisi dilipat sehingga menyerupai sebuah laptop kecil. Laptop ini juga memiliki dua kickstand yang bisa digunakan untuk memposisikan X1 Fold berdiri layaknya komputer desktop all-in-one dengan ukuran yang lebih kecil.

Baca Juga:
7 Teknologi yang Akan Muncul di CES 2020

Belum banyak bocoran mengenai spesifikasi X1 Fold ini. Namun, Lenovo mengatakan perangkat ini berjalan dengan dibekali prosesor Intel dengan teknologi hybrid dan memiliki baterai dengan ketahanan hingga 11 jam. Dikabarkan juga ThinkPad X1 Fold ini akan dibandrol dengan harga 2.499 dollar AS setara Rp 34,7 juta.