LG Pamer Lemari Es Pintar dengan Kendali Suara di CES 2017

Technologue.id, Jakarta – Kini konsep rumah pintar bisa segera Anda rasakan dengan adanya sebuah lemari es yang bisa dikendalikan lewat suara. Lemari es tersebut diusung oleh LG Electronics (LG) yang berkolaborasi dengan Amazon melalui layanan Alexa Voice Service dan sistem operasi besutannya, webOS.

Serunya, lemari es LG Smart InstaView tersebut bakal dipamerkan di gelaran Consumer Electonics Show 2017 yang sedang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Kata InstaView sendiri disematkan mengacu pada penggunaan panel sentuh LCD pada salah satu bilah pintu yang berbentang 29 inci.

Dimana bila dilihat pada kondisi normal, layar seakan tak terlihat menyatu dengan desain keseluruhan. Sementara ketukan dua kali nantinya akan mengaktifkan layar dan lanyas membuat pengguna dapat melihat langsung berbagai bahan makanan dalam kabin simpan lemari es tanpa harus membuka pintunya.

“Lemari es Door-in-Door ini akan membuat pemilik menikmati pengalaman yang belum pernah didapatkan sebelumnya pada pemilikan sebuah lemari es,” ujar Song Dae-Hyun, Presiden LG Home Appliance & Air Solutions Company.

Mengoptimalkan kinerjanya, sistem operasi webOS besutan LG membuat lemari es ini dilengkapi dengan sambungan WiFi. Berkolaborasi dengan keberadaan Alexa Voice Service dari Amazon, cukup dengan kendali via suara, pengguna akan serasa memiliki asisten pribadi yang bakal memberi kemudahan dan kepintaran baru dalam manajemen penyimpanan bahan makanan dalam lemari es. Termasuk dalam kepintarannya, pengguna juga dapat memanfaatkan untuk mencari resep masakan, memainkan musik hingga melakukan pemesanan berbagai bahan makanan melalui amazon.com. Bahkan untuk mendapatkan informasi mengenai cuaca.

Pengguna bahkan dapat melakukan keterhubungan dengan perangkat elektronik lain untuk membentuk ekosistem rumah pintar. Dikatakan LG, pemanfaatan Alexa Voice Service ini memiliki 6,000 lebih kemampuan. Semisal adalah Smart Tag, membuat pengguna dapat menempelkan catatan digital pada layar yang berisi daftar seluruh bahan makanan yang tersimpan berikut tenggat kadaluarsanya. Dengan memanfaatkan fitur ini, lemari es LG Smart InstaView bakal memberikan pengingat saat salah satu bahan makanan mendekati tenggat kadaluarsanya.

BACA JUGA: LG V20 Dipakai Telkomsel Rangsang Pengguna 4G

Lebih dari itu, LG pun menempatkan kamera 2MP dengan sudut pengambilan lensa lebar dalam kabin penyimpan untuk mengambil gambar dalam berbagai sudut. Dengan keterhubungan WiFi, fungsi pengambilan gambar dan menampilkannya dapat dilakukan via smartphone.

“Bagi banyak keluarga, dapur merupakan tempat tersibuk di rumah yang membuat seringkali tidak memiliki waktu untuk melakukan hal lain secara bersamaan. Kini dengan hanya kendali lewat suaranya dan layanan Alexa, pengguna bakal lebih nyaman melakukan segala sesuatu di rumahnya,” kata Mike George, Vice President Amazon Alexa.

Seluruh partisipan dan pengunjung perhelatan CES 2017 dapat menyaksikan langsung kehebatan lemari es LG Smart InstaView dan lini produk LG lainnya dalam gelaran ini pada booth LG di Las Vegas Convention Center (Central Hall #11100) mulai 5 Januari – 8 Januari 2017.

BACA JUGA: Produk Baru Lenovo di CES 2017 Keren-Keren, Buktikan di Sini!