LG V20, Smartphone Android Nougat pertama yang mendarat di Indonesia

Technologue.id, Jakarta – Sejak bulan Agustus 2016 lalu, smartphone yang mengadopsi sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat telah hadir di pasaran dunia. Lama ditunggu kehadirannya, LG Electronics Indonesia kini menjadi vendor pertama yang meluncurkan ponsel OS Android Nougat di pasaran Indonesia lewat LG V20.

“LG V20 merupakan smartphone flagship yang pertama di dunia dari LG dengan Android OS Nougat,” kata Rezy Saddam selaku Product Specialist, LG Mobile Communications Indonesia dalam acara peluncuran LG V20 Rabu ini (23/11/22016) di Jakarta.

Selain itu, menurut dia, Android Nougat mengalami peningkatan pada produktivitas, serta kinerja ponsel yang jadi lebih mudah digunakan, seperti dengan adanya fitur multi-window support yang memungkinkan pengguna membuka dan mengoperasikan beberapa aplikasi sekaligus dengan mulus.

“Ketika melakukan perpindahan antara satu slot SIM dengan yang lainnya pun jadi makin cepat. Tak hanya itu, teknologi lainnya yang dihadirkan oleh Android Nougat yaitu pada saat ponsel dalam keadaan ‘Sleep’ maka ponsel secara otomatis akan menurunkan efektifitas kerja setiap aplikasi yang sedang menyala. Sehingga kinerja baterai lebih awet,” tambah Saddam.

lg-v20-launch-2

Tak hanya menawarkan teknologi yang dibawa dari OS Android Nougat terbarunya, LG V20 juga diklaim mampu memberikan pengalaman audio dan video pada tahap  lebih tinggi. Upaya tersebut dapat dilihat dari keberadaan fitur-fitur baru didalamnya.

“Kami selalu berusaha untuk menciptakan produk yang terbaik di segala aspek, termasuk smartphone. Untuk itu, LG V20 menawarkan seluruh keistimewaan bagi masyarakat Indonesia, seperti pada fitur audio, kamera, dan video didalamnya,” ujar Hee Gyun Jang, Head of LG Mobile Communications Indonesia.

Salah satu fitur yang paling menarik, adalah fitur 32-bit Hi-Fi Quad DAC (Digital to Analog Converter). Teknologi Quad-DAC memiliki kemampuan penyaringan sebanyak empat kali untuk hasilkan kualitas suara yang jernih dengan mengurangi distorsi dan kebisingan. Alhasil, LG V20 diklaim Saddam dapat mendukung kemamupan memainkan musik digital berdefinisi tinggi, diantaranya FLAC, DSD, serta ALAC.

“Karena konsumen ingin kemampuan yang lebih lagi, maka kami tingkatkan sisi audio pada LG seri V. Teknologi ini biasa ditanaman di hardware Hi-Fi seperti produk audio premium berkisar 10 juta hingga ratusan juta. Sekarang teknologi Quad DAC dihadirkan pada sebuah smartphone,” katanya saat presentasi.

lg-v20-launch-3

Dalam memperdengarkan audio resolusi tinggi makin optimal, LG pun menggandeng pabrikan merek audio Bang & Olufsen (B&O) Play dalam pengaturan (tuning) keluaran audio V20.Hasil kolaborasi ini lantas menghadirkan kelengkapan LG V20 dengan earphone khusus B&O Play.

Disamping sisi audio, ponsel ini mengunggulkan kemampuan kamera yang dapat menangkap gambar berlatar belakang lebih luas dalam satu bingkai gambar. LG V20 memiliki lensa kamera lebar pada kamera depan dan belakangnya (Dual wide-angle lens).

Pada kamera depan punya sensor 5MP dengan lensa 120 derajat untuk hasil selfie lebih memuaskan. Sementara kamera belakang memiliki dua buah lensa bersensor 8MP dengan lensa 135 derajat untuk bidang gambar lebih luas dan kamera utama 16MP dengan lebar 75 derajat.

“Bukan sekadar kamera dengan wide-angle, kami memberikan teknologi diafragma sebesar F1.9 sehingga manfaat selfie tetap hasilkan gambar yang terang dan luas. Kemampuan ini tentunya akan lebih memudahkan pengguna, terutama para pecinta selfie,” tutur dia.

Menyoal desain, LG V20 dengan layar berukuran 5,7 inci ini tampil elegan serta diklaim tangguh. “Kami menggunakan bahan material yang memadukan antara aluminium alloy dengan silikon polikarbonat yang biasa digunakan pada Air bag kendaraan pada LG V20,” tuturnya.

Untuk ketersediaan, LG V20 baru akan siap dijual pada tanggal 25 November 2016 melalui sesi pre order. Dengan bunga cicilan 0 persen dan cash back hingga Rp1,250,000 dengan pembelian lewat kartu kredit Bank BCA, BRI, hingga OCBC NISP. Sebanyak 11 e-commerce, semisal Bhinneka.com, BliBli.com, Electronic Solutions, TokoPDA, dan lain-lain diajak berpartisipasi dalam pre-order. Pada masa tersebut, LG mematok harga V20 seharga Rp9,499,000.