Lima Aplikasi Kurban, Cari Hewan Kurban via Smartphone

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau biasa disebut Lebaran Haji, pada Jumat, 31 Juli 2020.

Seperti tradisi tahunan sebelumnya, Idul Adha dimaknai dengan hari raya qurban. Di hari raya ini bagi muslim yang mampu, memang diwajibkan untuk berqurban. Yakni dengan menyembelih kambing, kerbau, atau sapi.

Untuk memilih dan membeli kambing, kerbau dan sapi, seiring dengan beragamnya marketplace, pembeli pun dapat membeli hewan-hewan itu secara online, melalui aplikasi khusus jual beli qurban online.

Aplikasi-aplikasi ini mungkin dibutuhkan umat muslim yang akan berqurban. Di aplikasi tersebut dijelaskan bagaimana cara berqurban, dengan disertai pertanyaan yang mungkin selama ini kurang dipahami mengenai adab berqurban hingga resep masakan Idul Adha. Berikut aplikasi yang bisa diunduh di Play Store.

Baca Juga:
5 Aplikasi Pendukung Silaturahmi Virtual saat Lebaran

Aplikasi Kandang Qurban

Kandang Qurban adalah Marketplace pertama yang menjual hewan kurban sapi, kambing dan domba. Marketplace yang didirikan bersama sahabatnya di tahun 2018, merupakan wadah bagi para costumer untuk membeli hewan kurban dari para peternak langsung.

Salah satu keunikan Kandang Qurban adalah, sisi kepemilikan yang tetap ada pada peternak demikian pula dengan harga, sehingga manfaat lebih tinggi ke peternak dari e- commerce tanpa mark up.

Untuk menjadi mitra kandang qurban, peternak diharuskan amanah dan berpengalaman. Syaratnya, minimal 3 sampai 5 tahun sudah berpengalaman menghandle hewan kurban.

Panduan Hewan Kurban

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer lokal bernama Kumpay Interactive. Di dalam aplikasi ini tersedia berbagai literatur yang memuat informasi seputar pengertian hewan kurban, hukum menyembelih hewan kurban, dalil-dalil Al-Quran yang berkaitan dengan hari raya Idul Adha, serta syarat dan ketentuan hewan kurban.

Aplikasi ini sendiri bisa didapat secara gratis. Ukuran file-nya hanya sebesar 690 KB.

Idul Adha dan Ibadah Qurban

Tak berbeda dengan aplikasi Panduan Hewan Kurban, aplikasi bertajuk Idul Adha dan Ibadah Qurban ini menyediakan rangkuman artikel yang membahas berbagai hal terkait Idul Adha dan proses penyembelihan hewan kurban beserta sejarahnya. Beberapa contoh artikel yang disertakan pada aplikasi ini antara lain adalah berjudul “Takbir Sebelum Idul Adha”, “Tata Cara Menyembelih Sesuai Sunnah”, dan “Bolehkah Makan Daging Qurbannya Sendiri?”

Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh Diva Apps dan bisa didapatkan secara gratis.

Baca Juga:
Lima Aplikasi Nonton Drama yang Cocok Buat Ngabuburit

Pasar Qurban

Pasar Qurban adalah aplikasi qurban online atau qurban marketplace yang menghubungkan antara pembeli dengan penjual hewan qurban. Aplikasi qurban online ini menjual berbagai macam jenis hewan qurban langsung antara pemilik dan pembeli.

Dalam keterangan yang tertulis di Play Store, aplikasi jual beli qurban online Pasar Qurban hanya memfasilitasi supaya pembeli bisa mendapat harga yang terjangkau tanpa melewati banyak orang.

Dalam aplikasi jual beli qurban online Pasar Qurban seperti marketplace pada umumnya, pengguna akan melihat hewan qurban, seperti sapi, kerbau dan kambing. Selain jenis hewan, dalam aplikasi itu tertera daerah hewan berasal dan tercantum harganya.

Tuntunan Qurban

Aplikasi Android ini berisi tuntunan ibadah qurban yang cukup lengkap. Di dalam aplikasi android tuntunan qurban ini dibagi menjadi lima bagian, yaitu:

Perintah dan sejarah syariat qurban, dijwlaskan pula tentang pengertian qurban, dasar disyariatkannya ibadah qurban, dan sejarah qurban.

Pada bagian aplikasi qurban 2016 ini dijelaskan hukum berqurban, kriteria hewan qurban, adab menyembelih hewan qurban, waktu penyembelihan hewan qurban, sunah ibadah qurban, dan larangan bagi yang hendak berqurban.

Di aplikasi ini pada bagian aplikasi qurban 2016 ini terdapat beberapa pertanyaan umum yang biasa ditanyakan seputar tuntunan ibadah qurban beserta jawabannya, mulai perintah berkqurban, membagikan daging qurban.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories