Technologue.idDirectLOKET Hadirkan Fitur Baru Hadapi New Normal

LOKET Hadirkan Fitur Baru Hadapi New Normal

Technologue.id, Jakarta – Menghadapi perubahan perilaku dan preferensi konsumen, LOKET menghadirkan solusi inovatif guna memungkinkan semua orang untuk tetap produktif melalui teknologi sistem terintegrasi yang memudahkan pengelola tempat publik beroperasi dengan memastikan keselamatan dan keamanan.

Sejalan dengan imbauan pemerintah, sejumlah pihak kini telah bersiap untuk kembali beroperasi dan membuka layanan publik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tak terkecuali untuk industri event dan hiburan. Namun, tak dapat dipungkiri, masyarakat masih merasa khawatir untuk bepergian atau melakukan kegiatan di luar rumah maupun untuk berada di lingkungan yang cukup ramai. Hal ini juga menjadi pekerjaan rumah besar bagi para pelaku di industri yang mengoperasikan tempat publik agar masyarakat tetap mendapatkan ketenangan saat berkunjung ke berbagai tempat umum untuk beraktivitas.

VP Commercial LOKET Ario Adimas mengungkapkan bahwa secara garis besar industri event dan hiburan saat ini merupakan salah satu yang paling terdampak selama pandemi. “Meskipun demikian, dengan cakupan yang sangat beragam mulai dari atraksi hiburan, kegiatan konser, film, dan lainnya, industri hiburan memiliki potensi sebagai salah satu kekuatan yang akan turut berkontribusi bagi pemulihan perekonomian nasional pasca pandemi. Untuk itu, khusus bagi tempat-tempat publik yang biasa menjadi pusat keramaian, diperlukan penyesuaian baru agar bisa kembali beroperasi secara optimal dan aman dengan tetap mengedepankan kesehatan,” jelas Dimas.

Melihat kondisi ini, LOKET, perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan terlengkap dan terpercaya di Indonesia kembali menghadirkan solusi yang ditujukan khusus bagi tempat publik seperti taman hiburan, tempat pertunjukan, bioskop, museum, dan bahkan bisa juga dikembangkan untuk pusat perbelanjaan dan perkantoran komersial untuk membantu mereka bersiap diri kembali beroperasi melalui pengawasan sistem terintegrasi.

LOKET telah mempersiapkan sederet fitur dan layanan yang akan mendukung tempat publik untuk kembali beroperasi secara optimal dalam masa adaptasi ini. Fitur dan layanan tersebut adalah:

  1. Sistem registrasi praktis dan pengaturan jumlah banyaknya pengunjung
    Selama masa pandemi, data individu yang berada di suatu tempat yang sama dalam satu waktu menjadi sangat penting. Mengenali klaster penyebaran baru COVID-19 merupakan hal krusial demi pencegahan penyebaran lebih lanjut. Melalui fitur Instant Registration & Capacity Management ini, LOKET menghadirkan sistem registrasi multifungsi yang secara akurat akan mencatat data pengunjung dalam hitungan detik.
  2. Manajemen pengendali kapasitas massa/kerumunan
    Selain pendataan, menentukan kapasitas maksimal pengunjung dalam satu tempat juga merupakan penyesuaian protokol kesehatan yang perlu diberlakukan. Crowd Control Management pun menjadi solusi untuk mengatur agar kapasitas tempat umum hanya terisi dengan kuota yang sudah ditentukan. Dengan layanan ini, setiap pengunjung yang datang harus menunjukkan barcode yang mereka dapat setelah melakukan registrasi. Barcode unik ini untuk satu (1) kali pakai dan dilengkapi dengan syarat & ketentuan yang harus dipatuhi ketika datang ke tempat publik, seperti misalnya imbauan untuk tetap melakukan jaga jarak fisik.
  3. Manajemen pelacak kapasitas massa
    Fitur Tracking Management memungkinkan validasi real-time untuk memonitor pengunjung secara akurat guna mengawasi jumlah orang yang berada di satu tempat dalam satu waktu. Hal ini bisa dilakukan karena setiap pengunjung yang datang ke satu tempat harus registrasi terlebih dahulu serta melakukan check-in ketika masuk dan check-out ketika keluar.
  4. Mitigasi otomatis secara cepat
    Seiring prospek perekonomian Indonesia pasca COVID-19, LOKET meyakini bahwa pertumbuhan industri ini harus didukung oleh pertumbuhan minat masyarakat untuk kembali meramaikan industri hiburan. Sedangkan untuk efek dari kondisi yang tidak pasti, LOKET dapat meminimalisir dengan mengambil langkah mitigasi yang tepat. Melalui Fast Automated Mitigation, solusi LOKET ini menawarkan layanan penyesuaian penutupan lokasi pada kondisi darurat serta analisis waktu dan tempat kejadian. Dengan memanfaatkan database pengunjung yang ada, setiap tempat publik dapat memberikan emergency alert dalam bentuk notifikasi kepada pengunjung jika terjadi penutupan lokasi secara tiba-tiba yang disertai dengan pilihan auto-refund jika disertai tiket berbayar.

Melalui sistem yang lengkap dan terintegrasi, LOKET percaya keempat solusi di atas dapat menjadi jawaban dalam menjalani new normal yang aman dan efektif untuk berbagai tempat umum; seperti theme park, mall, perkantoran, dan tempat publik lainnya.

“Dengan inovasi teknologi yang terus kami lakukan, diharapkan dapat semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi tempat publik maupun masyarakat untuk beraktivitas dalam menghadapi tatanan baru. Kami harap ke depan LOKET dapat terus membantu industri ini dan secara bersamaan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap perbaikan ekonomi nasional,” tutup Dimas.

- Advertisement -