Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Direct

Luncurkan App Center, Qiscus Bantu Bisnis Hubungkan CSAT dan CRM dengan Multichannel Chat

byRiza Mulyawan - editorDenny Mahardy Feb 3, 2022

Technologue.id, Jakarta - Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform Multichannel Chat untuk bisnis meluncurkan Qiscus App Center guna membantu pengguna mengintegrasikan Email, CSAT, dan CRM dengan saluran komunikasi seperti LINE, WhatsApp, Instagram, dan Twitter dalam satu dashboard dengan Qiscus. Layanan Qiscus App Center membantu pengguna Qiscus mengeksplorasi berbagai aplikasi lain dengan mudah dan cepat.

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat dengan pertumbuhan sebesar 49% per tahun. Teknologi digital yang digunakan bisnis seperti mobile apps, cloud, dan data analytics kini juga telah berkembang secara cepat di Indonesia. Berkaitan dengan hal ini, Survei Deloitte menemukan bahwa pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi digital lebih mampu untuk berinovasi dan bersaing secara internasional. Lebih lanjut, penggunaan teknologi digital oleh bisnis dapat menyebabkan peningkatan pendapatan sebesar 80%.

Dengan perkembangan teknologi digital yang cukup pesat, muncul berbagai aplikasi dan tools digital untuk membantu proses operasi bisnis. Kini berbagai bisnis berupaya menerapkan strategi bisnis omnichannel yang menggabungkan berbagai aplikasi dan tools digital untuk proses customer journey bisnis. Sebutan omnichannel mengacu pada integrasi berbagai saluran yang berbeda, dari toko fisik, ke situs web, hingga aplikasi dan media sosial untuk meningkatkan customer experience dan lead generation.

Kepopuleran strategi omnichannel serta awareness yang tinggi terhadap seluruh tahapan customer journey, menjadikan berbagai tools seperti Multichannel Chat, CRM (Customer Relationship Management), Chatbot, dan CSAT (Customer Satisfaction Score) sebagai hal penting bagi bisnis. Untuk memudahkan bisnis dalam setiap tahapan customer journey-nya, Qiscus kini meluncurkan layanan yang dapat mengkonfigurasi dan mengintegrasikan tools yang dibutuhkan bisnis ke dalam aplikasi Multichannel Chat, yaitu Qiscus App Center.

Melalui App Center, Qiscus Multichannel Chat dapat dihubungkan dengan tools CRM seperti Salesforce, Microsoft Dynamics 365, dan berbagai CRM lainnya. CRM berfungsi untuk membantu bisnis mengelola leads dengan lebih mudah. Tidak hanya CRM, melalui CSAT yang dihubungkan ke dalam Qiscus Multichannel Chat juga dapat membantu bisnis melakukan improvement untuk menangkap umpan balik pelanggan terhadap pelayanan suatu bisnis. Lebih lanjut, dengan Qiscus App Center, seluruh pengguna Qiscus Multichannel Chat juga dapat menemukan tools untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya dalam berbagai kategori seperti aplikasi data analytics, chatbot, payment, telekomunikasi, AI, dan marketing.

Peluncuran Qiscus App Center tidak hanya ditujukan untuk pelanggan Qiscus, namun juga diharapkan berguna bagi partner Qiscus. Evan Purnama selaku CTO Qiscus mengatakan "Melalui App Center, Qiscus juga memberi ruang kepada partner dan para pengembang aplikasi untuk menampilkan beberapa solusinya yang juga dapat meningkatkan value dari Qiscus Multichannel Chat. Selain itu, para partner dan pengembang aplikasi juga dapat meningkatkan brand awareness dan membuka pasar lebih luas dengan menawarkan solusinya di Qiscus App Center. Kami berharap Qiscus App Center dapat membantu bisnis dalam menjawab tantangan dari berbagai pelanggan."

Qiscus App Center memiliki beberapa fitur. Diantaranya, App Explorer dimana pelanggan dapat menjelajah aplikasi yang tersedia di Qiscus App Center. Pelanggan dapat melakukan pencarian berdasarkan nama aplikasi, menyaring data yang ingin ditampilkan berdasarkan kategori aplikasi, serta dapat mengurutkan data aplikasi yang ingin ditampilkan berdasarkan nama aplikasinya.

Selain itu, fitur App Details yang terdapat pada Qiscus App Center juga memudahkan pelanggan untuk mengetahui penjelasan detail mengenai aplikasi yang ada, seperti cara konfigurasi serta siapa yang membuat aplikasi tersebut. Dengan ini pelanggan diharapkan dapat lebih mudah memilih aplikasi yang cocok. Proses instalasi juga terbilang cukup instan, karena pelanggan cukup menekan tombol install yang ada. Setelahnya pelanggan dapat melihat dan melakukan pengaturan aplikasi di bagian My Apps yang ada di dalam Qiscus App Center.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, ekosistem digital menjadi hal yang penting untuk diterapkan bisnis. Berkaitan dengan hal ini, App Center diharapkan dapat membantu bisnis dalam membentuk ekosistem digital tepat untuk mendorong pertumbuhan.

#EkonomiDigital #Qiscus #PlatformMultichannelChat #QiscusAppCenter

Baca Juga