Luncurkan Moments, Infobip Bantu Brand Berikan Sentuhan Personal Dalam Berkomunikasi Dengan Konsumen

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Platform komunikasi cloud global, Infobip, meluncurkan Moments – sebuah hub omnichannel terbaru untuk membantu keterlibatan pelanggan sebagai solusi teknologi yang dapat membantu brand lebih memahami dan menjangkau konsumen Indonesia mereka di era modern yang serba digital.

Inisiatif transformasi digital yang dilakukan oleh para perusahaan dan brand mengalami akselerasi, terutama sebagai salah satu upaya penyesuaian terhadap ‘new normal’ dampak dari pandemi yang terjadi di seluruh dunia. ‘Moments’ menghadirkan tradisi mobile-first keluaran Infobip yang dapat membantu pemasar membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen melalui pengembanganan saluran komunikasi digital yang populer di dunia seperti aplikasi chatting (Whatsapp, Viber, Facebook Messenger, Line, KakaoTalk, dll) SMS, email, pesan suara, aplikasi ponsel, website, dan saluran yang baru muncul seperti RCS.

Pernahkah Anda memperoleh pesan seperti “Halo Budi, Anda telah menempuh perjalan sejauh 1 kilometer dengan kami! Maka Anda akan mendapatkan bonus lebih dari kami. Tukarkan jarak tempuh kilometer Anda dengan keuntungan pada beberapa rekan kami, seperti restoran, toko online, dan banyak lagi.” Pesan yang dipersonalisasi seperti ini sering digunakan pemasar untuk mengapresiasi pelanggan dan pada saat yang sama, menawarkan promosi/layanan yang dikhususkan untuk pelanggan. Melalui ‘Moments’, pemasar dapat meningkatkan interaksinya dengan pelanggan dan memberikan penawaran yang relevan lewat channel yang tepat.

‘Moments’ membantu brand untuk menghadirkan komunikasi dengan pelanggan menggunakan teknologi dan memberikan sentuhan personal dalam pesannya

Platform ‘Moments’ membantu pemasar dan brand untuk membuat dan melaksanakan kampanye yang sangat efektif dan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih dekat dengan menyediakan pandangan yang menyeluruh mengenai pelanggan serta menyatukan aplikasi komunikasi paling populer saat ini ke dalam satu platform. Hal ini membuat brand dapat menjangkau pelanggan mereka melalui saluran komunikasi pilihannya dengan konten kontekstual yang dapat membantu menghasilkan performa bisnis yang positif.

Brands dan pemasar dapat menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan melalui pesan yang dipersonalisasi yang langsung menjawab kebutuhan mereka. Contoh lain dari ini adalah pelacakan pesanan. Dengan meningkatnya perilaku belanja online, orang secara teratur melacak pesanan mereka untuk memastikan pengiriman tepat waktu dan menghindari kehilangan barang. Platform ‘Moments’ memberi pesan yang memberikan rasa tenang bagi mereka, karena memungkinkan brands untuk secara proaktif memperbarui status pesanan mereka. Kemampuan ini adalah kombinasi antara strategi komunikasi, data, dan teknologi backbone sehingga dapat mengirimkannya ke orang yang tepat dengan pesan yang tepat.

Nofita Sari, Country Manager Infobip Indonesia,mengatakan, “Dalam situasi yang tidak pasti seperti saat ini, masyarakat bisa menjadi cemas, bingung, dan dalam beberapa kasus sangat membutuhkan layanan tertentu. Hal ini terutama terjadi dengan penerapan ulang PSBB di ibu kota dan mungkin kota-kota lain di seluruh Indonesia karena pandemi. Situasi ini juga mempengaruhi cara brands berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Mengelola pertanyaan dan harapan pelanggan, dan sekadar mengetahui pelanggan tidak cukup saat ini. Untuk memberikan layanan terbaik,brands perlu memahami dan berempati dengan pelanggannya, serta tetap terhubung melalui saluran komunikasi yang berbeda. Dalam situasi saat ini, manusia membutuhkan koneksi lebih dari sebelumnya.”

Adrian Benic, VP Products, Infobipjuga menambahkan, “Saat ini, kita perlu memahami ekosistem serta melakukan perencanaan customer engagement yang sesuai. Berdasarkan perilaku tersebut, solusi ‘Moments’ kami memungkinkan pemasar untuk menawarkan pengalaman yang benar-benar menarik dengan menyampaikan pesan di berbagai saluran yang diprogram dan ditawarkan oleh berbagai platform untuk konsumen modern saat ini pada waktu yang tepat. Solusi ini adalah bagian dari evolusi yang didorong oleh ‘new normal’ menjadi bentuk pemasaran yang berpusat pada pelanggan. “

Fitur utama dari solusi ‘Moments’ meliputi:

  • Manajemen kampanye lintas saluran yang mudah: Memungkinkan pemasar untuk membuat, mengatur dan menjalankan kampanye melalui portofolio channel yang luas dari Infobip hanya melalui satu interface. Penyampaian pesan dapat dikirim dan diukur pada waktu yang tepat melalui saluran yang disukai dan paling relevan bagi pelanggan
  • Data pelanggan terpadu: Membuat profil pelanggan yang lebih lengkap dengan menghubungkan dan menyatukan data dari berbagai sumber, memungkinkan bisnis untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan dan membuat kampanye yang lebih personal.
  • Segmentasi audiens yang lebih cerdas: Personalisasi pesan kampanye dalam skala besar dengan menyegmentasikan audiens berdasarkan peristiwa, tags, perilaku, atau acara khusus.
  • Otomatisasi pemasaran dinamis: Kemampuan untuk mengaktifkan, dan melibatkan kembali konsumen melalui kampanye multistep yang otomatis, berdasarkan peristiwa dan perilaku pelanggan.
  • Analisis yang kuat: Melalui peristiwa dan analisa segmen, bisnis dapat mengoptimalkan interaksi pelanggan dengan menetapkan sasaran untuk melacak konversi dan mengakses laporan saluran berdasarkan wawasan. Ada juga kemampuan untuk menguji pesan dan saluran mana yang mendapatkan hasil keterlibatan maksimum dengan pengujian A/B.

Adrian Benic menyimpulkan, “Peluncuran tersebut menandakan tujuan kami untuk menghadirkan sentuhan manusia pada komunikasi di era dimana segala hal terhubung dan dimana kebanyakan orang mengkonsumsi informasi melalui aplikasi atau ponsel mereka. Hal ini dimulai dengan menciptakan momen atau situasi, interaksi dengan mereka, dan kemudian mengubahnya menjadi hubungan melalui percakapan. Kami disini ingin membantu agar pemasar dapat melakukan transformasi digital yang dibutuhkan tidak hanya untuk saat ini, tetapi dimasa yang akan datang.”

- Advertisement -

Latest News

Related Stories