Technologue.id, Jakarta – Apple sudah mengumumkan kehadiran macOS Catalina pada beberapa bulan lalu di ajang WWDC, dan kali ini, mereka sudah mulai melakukan tahap pendistribusian.

Baca Juga:
Apple Tak Lagi Bikin MacBook 12 Inci

Mengutip dari TheVerge (07/10/19), Apple dilaporkan sudah resmi merilis macOS Catalina versi 10.15 dan bersamaan dengan itu, pembaharuan dari sistem operasi Mojave itu pun sudah disebarkan ke seluruh perangkat yang kompatibel, seperti MacBook, MacBook Pro, Mac Mini, iMac, dan iMac Pro.

Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, kali ini Apple justru menghilangkan iTunes sebagai sebuah media player multifungsi. Sebagai gantinya, mereka menghadirkan aplikasi terpisah seperti Apple Music, Podcasts, dan Apple TV. Sementara untuk melakukan sinkronisasi dengan iPhone dan iPad, pengguna bisa langsung menggunakan Finder.

Baca Juga:
Keyboard MacBook Bermasalah, Apple Minta Maaf

Tak cuma itu, bagi pengguna iPad, sistem operasi macOS Catalina juga mampu menghubungkan aplikasi, data, dan lain-lain yang tampil pada iPad dengan MacBook ataupun iMac, fitur tersebut dinamakan Project Catalyst.

Fitur baru lainnya adalah hadirnya Sidecar. Fitur ini memungkinkan pengguna MacBook ataupun iMac untuk memanfaatkan iPad sebagai secondary display, baik secara wireless maupun melalui kabel. Sidecar sendiri mendukung penggunaan Apple Pencil sehingga pengguna bisa mencorat-coret layar pada saat membuka aplikasi editor teks maupun editor gambar.