MacOS Monterey Meluncur, Ini Fitur Baru dan Perangkat yang Kompatibel

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Apple resmi meluncurkan sistem operasi macOS terbaru, yakni macOS Monterey. Berbarengan dengan kehadiran iOS 15, peluncuran macOS Monterey ini dilakukan dalam acara Apple Worldwide Developers Conference 2021, atau yang biasa disingkat WWDC 2021.

macOS Monterey ini didapuk menjadi sistem operasi terbaru perangkat Mac, serta menggantikan macOS Big Sur yang dirilis tahun lalu.

Dengan diresmikannya macOS Monterey sebagai penerus macOS Big Sur, maka tentunya Apple juga membawa peningkatan pada sistem operasi ini, salah satunya lewat adanya beberapa hal baru, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga:
Daftar Perangkat Apple yang Kebagian iOS 15

Universal Control

Fitur ini berguna untuk mengkoneksikan iPad ke Mac, lalu kemudian mengontrol kedua buah perangkat tersebut secara bersamaan. Bahkan, fitur Universal Control ini juga memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan keyboard dan mouse untuk mengontrol iPad dan Mac dalam waktu yang sama.

Shortcurts for Mac

macOS Monterey pun membawa sebuah hal baru lain bernama Shortcut for Mac.

Fitur Shortuct for Mac ini berguna untuk membuat pintasan (Shortcut) dari aplikasi yang sering digunakan di Mac, mirip dengan apa yang ada di iOS dan iPadOS.

FaceTime lebih natural

FaceTime di macOS Monterey akan mengalami beberapa upgrade atau peningkatan.

Peningkatan tersebut terjadi dari segi kualitas audio dan video yang diklaim menjadi lebih natural dan jernih, terlebih karena adanya Spatial Audio.

Lalu, Apple juga diketahui merilis SharePlay dan Share with You, serta AirPlay to Mac di macOS Monterey ini.

Baca Juga:
iOS 15 Dirilis, Ini Fitur Barunya

Daftar perangkat yang bisa install macOS Monterey

Apple mengumumkan macOS Monterey sudah bisa dicoba untuk para developer mulai Selasa (8/6). Sementara versi Public Beta akan meluncur Juli 2021 mendatang, dan versi final datang pada Oktober 2021.

Berikut daftar lengkap perangkat yang akan mendapatkan dukungan macOS Monterey:

  • iMac (akhir 2015 dan lebih baru).
  • iMac Pro (2017 dan lebih baru).
  • Mac Pro (akhir 2013 dan lebih baru).
  • Mac Mini (akhir 2014 dan lebih baru).
  • MacBook Pro (awal 2015 dan lebih baru).
  • MacBook Air (awal 2015 dan lebih baru).
  • MacBook (awal 2016 dan lebih baru).
- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories