Jakarta – Penggemar gaming di Indonesia ternyata bertambah setiap tahunnya. Kini, video game menjadi salah satu industri yang semakin populer, dilihat dari pendapatan industri ini yang melampaui hiburan konvensional seperti film atau musik. Nilai industri ini diperkirakan sudah mencapai USD 152 miliar. Di Indonesia, industri video game mulai banyak diminati. E-sport, misalnya, menjadi cabang olahraga percobaan saat Asian Games 2018 yang lalu.

Beberapa dari mereka berbagi mengenai keseruan bermain games di Twitter. Hasilnya, ditemukan bahwa 73% pengguna Twitter di Indonesia bermain video games dengan ponsel pintar, PC, konsol.

Sebagai platform berbasis minat, di mana terdapat miliaran cuitan tentang beragam ketertarikan dan topik, gamers hadir di Twitter untuk membicarakan apa yang sedang terjadi di komunitas dan industri gaming secara umum. Pasar game dunia diperkirakan akan tumbuh dari USD 137,9 miliar pada 2018 menjadi lebih dari USD 180,1 miliar pada 2021, Asia Pasifik menjadi pendorong utama pertumbuhan berkelanjutan untuk industri game dunia menurut market researcher Newzoo.

“Sejalan dengan perkembangan industri gaming, baik sebagai hobi maupun karir; diskusi tentang gaming di Twitter meningkat pesat. Kami melakukan survei tentang ekosistem gaming di Twitter pada awal tahun ini. Hasil survei tersebut menunjukkan adanya peningkatan dalam jumlah cuitan seputar gaming secara global,” ujar Martyn U’Ren, Head of Research, Asia Pacific, Middle East and North America.

Twitter mengadakan survei untuk melihat lanskap gaming di Indonesia berdasarkan percakapan terkait hal tersebut di platform. Survei ini melibatkan 3,928 responden pengguna Twitter di Indonesia. Para responden mengungkapkan platform game pilihan mereka, genre favorit, pengeluaran untuk game, serta aspek seputar game yang dibicarakan di Twitter.

Martyn U’Ren menambahkan,”Di 2018 saja, terdapat peningkatan sebesar 122% tentang percakapan seputar gaming di Twitter dengan satu miliar cuitan secara global. Dari gamers kasual hingga pemain profesional, publishers dan celebrity streamers, komunitas gaming secara aktif menggunakan Twitter di waktu senggang, baik untuk membicarakan tentang game yang paling ditunggu atau untuk mendukung tim e-sport favorit mereka.”