Technologue.id, Jakarta – Samsung merilis generasi kedua dari seri jam pintar Galaxy Watch Active, yang bernama Galaxy Watch Active 2, ke pasar Indonesia.

Dibanding pendahulunya, perangkat wearable ini mendapat perbaikan dari sisi desain maupun spesifikasi.

Dari sisi desain, Galaxy Watch Active 2 mengusung bezel “digital” yang memiliki kemampuan touch input atau yang disebut innovative touch bezel. Pengguna bisa menyentuh bingkai di sekeliling layar untuk bernavigasi di antarmuka perangkat ini. Bagian bingkai di Watch Active 2 sendiri tak berputar secara fisik seperti sebelumnya.

Dikatakan pihak Samsung, mereka kembali menghadirkan bezel di arloji pintar generasi penerus Galaxy Watch Active ini karena mendengarkan masukan pengguna.

“Karena ada insight dari pengguna Galaxy Watch suka dengan fungsi bezel. Bila sebelumnya fungsi bezel kita tiadakan, maka sekarang ini kami kembalikan lagi. Namun dengan dilengkapi virtual bezel,” tutur Denny Galant, Head of Product Marketing Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, dalam acara peluncuran Galaxy Watch Active 2, di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Samsung Galaxy Watch Active 2 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Dari segi layar, Watch Active 2 memiliki bentang layar AMOLED 1,4 inci dengan resolusi 360 x 360 piksel.

Samsung memasarkan Watch Active 2 dalam dua ukuran, yaitu 40mm dan 44mm. Meski ukurannya lebih kecil dibanding Watch Active pertama (46mm) namun kata Denny, perangkat baru ini memiliki panjang display yang lebih luas.

Perangkat ini disokong chip Exynos 9110 dengan kapasitas RAM hingga 1,5 GB dan memori internal 4 GB, didukung baterai hingga 340 mAh.

Fitur lain yang melengkapi arloji pitar ini diantaranya Watch Faces, Running Trainer, Gym Tracker, Improved Sleep Tracking, Camera Controller, Fall Detection, pre loaded dengan layanan Google (Youtube dan Translator), konektivitas Wi-Fi, dan fitur anti air dengan tingkat ketahanan IP68.

Salah satu fitur menarik di perangkat wearable ini adalah camera controller. Fitur Watch Camera Controller memungkinkan pengguna mengambil gambar, merekam video, melihat cuplikan gambar, mengganti pengaturan kamera depan dan belakang, mengatur timer, dan mengecek hasil akhir foto dan video. Semua aktivitas itu hanya melalui pergelangan tangan pengguna.

Pengisian daya juga dapat dilakukan menggunakan Wireless PowerShare yang tersedia di smartphone Galaxy.

Fitur Camera Controller di Samsung Galaxy Watch Active 2 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Harga Samsung Galaxy Watch Active 2 mulai dari Rp 4,199,000 (untuk ukuran 40mm) dan Rp 5,499,000 (ukuran 44mm).

Pemesanan awal Samsung Galaxy Watch Active 2 telah dibuka sejak 14 Oktober sampai 27 Oktober 2019 di situs daring Samsung.com. Untuk pembelian offline, konsumen bisa mengunjungi Samsung Experience Store di empat lokasi, mulai dari Jakarta, Tangerang, dan Makassar.