Maksimalkan PSBB, Kominfo Luncurkan Mesin Pintar

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Kominfo resmi meluncurkan 1.000 mesin pintar Akses untuk Bangsa pada Senin (4/5/2020). Peluncuran perangkat ini disebut untuk memaksimalkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam peluncuran tersebut, Menteri Kominfo, Johnny G Plate mengatakan, “Mesin pintar ini akan mengurangi interaksi antar orang ke orang. Hal ini tentu akan memaksimalkan upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.”

Baca Juga:

Kominfo Dukung Layanan Psikologi ‘Sehat Jiwa’

Johnny menambahkan prangkat ini akan disebar di daerah rawan penyebaran COVID-19 yakni Jabodetabek, Bandung, Bali, dan Sidoarjo. Mesin ini nantinya akan diletakan di sejumlah toko ritel seperti Alfamart, Alfamidi, Apotik Kimia Farma dan sejumlah toko lainnya.

“Ini secara drastis akan mengurangi interaksi antara kasir dengan pengunjung lain ketika melakukan pembelian di toko ritel untuk kebutuhan sehari-hari, pembayaran listrik, pembelian obat dan kegiatan pembelanjaan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:

WFH, Kominfo Instruksikan Operator Beri Layanan Terbaik

Lebih lanjut, Johnny mengatakan perangkat ini memiliki penggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR). Dengan teknologi ini, mesin pintar juga dapat memberikan konsultasi mengenai Covid-19 serta informasi Chatbot Covid19.go.id, aplikasi Peduli Lindungi dan aplikasi 10 Rumah Aman.

Johnny menyebut mesin pintar ini terus dilakukan pengembangan. Kedepannya, Johnny ingin mesin ini dapat digunakan untuk verifikasi data terkait penerima donasi sembako, obat-obatan, dan informasi publik lainnya.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories