Maksimalkan PSBB, Kominfo Luncurkan Mesin Pintar

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Kominfo resmi meluncurkan 1.000 mesin pintar Akses untuk Bangsa pada Senin (4/5/2020). Peluncuran perangkat ini disebut untuk memaksimalkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam peluncuran tersebut, Menteri Kominfo, Johnny G Plate mengatakan, “Mesin pintar ini akan mengurangi interaksi antar orang ke orang. Hal ini tentu akan memaksimalkan upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.”

Baca Juga:

Kominfo Dukung Layanan Psikologi ‘Sehat Jiwa’

Johnny menambahkan prangkat ini akan disebar di daerah rawan penyebaran COVID-19 yakni Jabodetabek, Bandung, Bali, dan Sidoarjo. Mesin ini nantinya akan diletakan di sejumlah toko ritel seperti Alfamart, Alfamidi, Apotik Kimia Farma dan sejumlah toko lainnya.

“Ini secara drastis akan mengurangi interaksi antara kasir dengan pengunjung lain ketika melakukan pembelian di toko ritel untuk kebutuhan sehari-hari, pembayaran listrik, pembelian obat dan kegiatan pembelanjaan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:

WFH, Kominfo Instruksikan Operator Beri Layanan Terbaik

Lebih lanjut, Johnny mengatakan perangkat ini memiliki penggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR). Dengan teknologi ini, mesin pintar juga dapat memberikan konsultasi mengenai Covid-19 serta informasi Chatbot Covid19.go.id, aplikasi Peduli Lindungi dan aplikasi 10 Rumah Aman.

Johnny menyebut mesin pintar ini terus dilakukan pengembangan. Kedepannya, Johnny ingin mesin ini dapat digunakan untuk verifikasi data terkait penerima donasi sembako, obat-obatan, dan informasi publik lainnya.

Recent Articles

Among Us 2 Dibatalkan karena Versi Aslinya Terlalu Populer

Technologue.id, Jakarta - Biasanya, jika sebuah game tidak hit dalam beberapa minggu pertama, game itu mungkin tidak akan pernah sukses. Mungkin ada...

LinkedIn Bawa Fitur Stories

Technologue.id, Jakarta - Jejaring sosial profesional LinkedIn resmi menghadirkan fitur Stories baru-baru ini. Menjadikannya serupa dengan media sosial populer Instagram.

Viu Rilis Serial Viu Original Terbarunya, Star Stealer

Technologue.id, Jakarta - Viu baru saja mengumumkan rilis serial komedi Viu Original Star Stealer, karya pemenang Viu Pitching Forum (VPF) 2019. Seri...

Jepang Bikin Robot Gundam Raksasa yang Bisa Gerak!

Technologue.id, Jakarta - Pabrik Gundam di Jepang bikin robot Gundam raksasa yang bisa bergerak sendiri. Tinggi Gundam raksasa ini lebih dari 18...

Diduga Eksploitasi Buruh Hingga Keguguran, Es Krim Aice Diboikot Netizen

Technologue.id, Jakarta - Kasus dugaan eksploitasi buruh oleh PT Alpen Food Industry belum usai hingga saat ini. Akibatnya, perusahaan yang memproduksi es...

Related Stories